Selasa, 14 Jan 2020 08:02 WIB

Thailand Laporkan Pelancong Asal China Terinfeksi Penyakit 'Misterius' Coronavirus

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Satu warga China diisolasi di Thailand akibat positif coronavirus. (Foto: DW (News))
Jakarta - Seorang wisatawan asal China yang berkunjung ke Thailand telah dipastikan terinfeksi coronavirus yang dikaitkan dengan wabah pneumonia.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengatakan pemerintah Thailand telah melaporkan bahwa seorang pelancong dari kota Wuhan, China, dirawat di rumah sakit Thailand karena virus tersebut. Menteri Kesehatan Thailand, Anutin Charnvirakul, menyebut itu adalah kasus pertama coronavirus yang ditemukan di luar China.

Mengutip US News, turis yang teridentifikasi adalah wanita berusia 61 tahun dan gejalanya terdeteksi saat tiba di Bandara Suvarnabhumi, Bangkok, Rabu lalu. Virus koronanya dikonfirmasi pada Minggu (12/1) oleh tes laboratorium.

"Pasien telah dirawat di bangsal isolasi fasilitas kesehatan negara di luar Bangkok dan tidak lagi memiliki gejala demam atau pernapasan," kata Anutin.


Delapan orang dengan gejala lain juga sedang dirawat di fasilitas kesehatan yang sama, beruntung tidak ada yang terkonfirmasi memiliki virus.

"Kemungkinan kasus yang diidentifikasi di negara lain tidak terduga, dan memperkuat mengapa WHO menyerukan pemantauan aktif dan kesiapsiagaan di negara lain," ujar salah satu petinggi WHO.

WHO menegaskan bahwa sangat penting bahwa penyelidikan harus terus dilakukan di China untuk mengidentifikasi sumber wabah ini dan setiap reservoir hewan atau inang yang menjadi perantara.



Simak Video "Satgas Sebut Banyak Orang Masih Tak Percaya Bahaya Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)