Selasa, 14 Jan 2020 08:31 WIB

Dokter Ingatkan 3 Penyakit yang Rentan Menyerang di Musim Hujan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Waspadai penyakit yang rentan pada musim hujan. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Memasuki musim hujan, tentunya kamu tak ingin terserang beragam penyakit. Namun, kenyataannya risiko penyakit lebih banyak bermunculan di musim penghujan ini. Apa saja itu?

Ditemui dalam sidang promosi doktornya, Dr dr Rika Bur, SpPD-KPTI dari Rumah Sakit Yarsi menjelaskan, ada tiga penyakit yang rawan di musim hujan.

"Ya pertama DBD itu tadi ya, terus ada leptospirosis juga, diare juga berisiko di musim seperti ini," jelasnya saat ditemui detikcom di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Salemba, Jakarta Pusat, Senin (13/1/2020).


Sebelumnya, sempat diberitakan detikcom soal penyakit leptospirosis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans. Bakteri ini biasanya disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri tersebut, termasuk tikus.

Penyebaran leptospirosis juga disebabkan karena genangan. Namun, genangannya adalah genangan banjir. Air genangan banjir ini dapat membawa kencing tikus serta beberapa jenis hewan lain seperti sapi, anjing atau babi.



Simak Video "Mengenal 2 Penyebab Penyakit Ginjal Kronis di Hari Ginjal Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)