Selasa, 14 Jan 2020 14:30 WIB

Tak Selalu Buruk, Jeroan Ternyata Kaya Nutrisi dan Baik untuk Tubuh

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Makan jeroan ada manfaatnya. (Foto: iStock)
Jakarta - Selama ini banyak yang menyangka makan jeroan akan menimbulkan efek negatif pada tubuh. Padahal, jeroan tidak selalu buruk. Jika dikonsumsi dengan tepat maka manfaatnya akan sangat baik untuk tubuh.

Jeroan punya nutrisi penting yang tidak dimiliki bagian lain. Kandungan gizi pada setiap jeroan berbeda, tergantung pada jenis hewannya.

Secara umum seperti yang dikutip dari Medical Daily, jeroan kaya akan nutrisi seperti vitamin B, folat, zat besi, mineral, magnesium, selenium dan seng, serta vitamin yang larut dalam lemak yakni vitamin A, D, E, dan K. Selain itu, jeroan adalah sumber protein yang sangat baik.


Terlebih, protein hewani menyediakan semua sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi secara efektif. Ginjal adalah sumber protein tanpa lemak dan folat yang sangat baik, sedangkan hati mengandung vitamin B12 dan vitamin A.

Daging organ atau jeroan juga dapat membantu mempertahankan massa otot dan sumber kolin yang penting bagi kecerdasan otak.

Meski mengandung banyak manfaat, konsumsi jeroan juga harus dibatasi. Jeroan mengandung purin lebih tinggi yang bisa menyebabkan asam urat sehingga untuk orang yang punya penyakit jantung, hipertensi, asam urat tinggi, diabetes, atau kegemukan tidak begitu dianjurkan.



Simak Video "Cara Penuhi Nutrisi Harian untuk Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)