Selasa, 14 Jan 2020 18:34 WIB

Soal Remaja Bercumbu di Tempat Umum, Kenapa Tak Ditegur Malah Diviralkan?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Dampak perundungan di media sosial tidak bisa diremehkan. (Foto: Thinkstock) Dampak perundungan di media sosial tidak bisa diremehkan. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Viralnya video remaja berciuman yang diunggah oleh akun @i**ya*di di media sosial Twitter, telah menarik perhatian para netizen di sana. Beragam komentar bermunculan yang ditujukan pada pasangan remaja itu bahkan untuk si perekam video.

Tapi, kira-kira apa tujuan utama si perekam menyebarkan video tersebut?

Menanggapi itu, psikolog sekaligus konselor Nuzulia Rahma Tristinarum menjelaskan, ada banyak faktor yang bisa mendorong orang tersebut merekam kedua remaja yang terlihat berciuman. Itu bisa tergantung bagaimana cara ia menyampaikannya, cara mempostingnya, dan lain sebagainya.


"Bisa jadi, ia ingin memberi tahu masyarakat bahwa ini loh kondisi (perilaku) anak-anak zaman sekarang di luar rumah. Bisa mendorong orang tua lebih aware terhadap anaknya," ujarnya pada detikcom, Selasa (14/1/2020).

Namun, bisa juga ada niat yang kurang baik dari si perekam. Menurut Rahma, bahkan di perekam tidak menyadari kalau perilakunya itu sudah merugikan orang lain.

"Bisa jadi juga ia ingin mencari perhatian masyarakat dan mencari kepuasan, dengan video yang diharapkan dapat menjadi viral. Tapi, bisa jadi juga ia hanya iseng saja karena tidak memiliki value (nilai/bahan) dalam bermedia sosial," kata Rahma.

Rahma menegaskan, untuk mengetahui motif atau tujuannya menyebarkan video seperti itu, harus memerlukan pemeriksaan khusus hingga menemukan alasan yang sebenarnya dari si perekam video.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)