Rabu, 15 Jan 2020 10:59 WIB

Idap Penyakit Langka, Remaja Ini Bisa Kolaps Cuma Gara-gara Tertawa

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rangsang emosi bisa membuat seorang remaja mengalami kolaps (Foto: Thinkstock) Rangsang emosi bisa membuat seorang remaja mengalami kolaps (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seorang remaja di Inggris mengidap penyakit langka yang memubuat tubuhnya susah dikontrol. Rangsang emosi yang kuat, termasuk tertawa gembira, bisa membuat otot-ototnya lumpuh seketika.

Billie Hodgson, remaja 17 tahun, didiagnosis mengidap Cataplexy. Kondisi neurologis ini dikaitkan juga dengan narkolepsi, gangguan yang membuat seseorang mudah sekali jatuh tertidur.

Kondisi ini dialaminya sejak umur 14 tahun. Kelumpuhan yang dialaminya terjadi mendadak, tanpa tanda-tanda sebelumnya. Saat kambuh, ia tetap sadar meski tubuhnya tidak bisa digerakkan.

"Menghindari situasi lucu untuk menghindari Cataplexy, khususnya di depan orang yang tidak terlalu terbiasa dengannya," kata Billie, dikutip dari Foxnews.



Diakuinya, kondisi ini berpengaruh pada kehidupan sosial dan kariernya di masa depan. Cataplexy membuatnya tidak bisa mendapat izin mengemudi dan memupus impiannya menjadi bidan karena gerakan tangannya susah dikontrol.

"Sulit menggambarkan bagaimana rasanya kalau kolaps. Serasa tidak punya kontrol atas tubuhmu sendiri," tuturnya.



Simak Video "Wanita Ini Mendadak Alergi Air Usai Melahirkan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)