Rabu, 15 Jan 2020 11:30 WIB

Viral Kisah Gadis yang 10 Tahun Berjalan Miring karena Skoliosis

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Hasil rontgen Hanny yang menunjukkan skoliosis. Foto: Tangkapan layar Twitter
Jakarta - Sebuah cerita di media sosial Twitter di akun @hannyfauzyalina menarik perhatian dan simpati dari banyak netizen. Pasalnya, tweet tersebut berisi cerita seorang gadis yang mengidap kelainan tulang belakang, tepatnya skoliosis sekitar 10 tahun lalu.

Dalam tweet tersebut, Hanny menceritakan telah divonis mengidap skoliosis sejak tahun 2010, saat ia masih kelas 7 SMP.

"Awalnya aku nggak 'ngeh' kalo ada yang aneh sama punggungku, tapi temenku banyak yang bilang kalo jalanku miring," tulisnya.

Setelah mengetahui itu, Hanny langsung mengatakannya ke mamanya dan menemui dokter orthopedi di Surabaya. Setelah diperiksa, ia divonis dengan kelainan tulang belakang itu dan harus dioperasi.

Namun, setelah mengetahui resiko kelumpuhan jika mengambil tindakan operasi, mamanya pun menolak dan langsung mencari dokter lain. Sampai akhirnya, Hanny diberikan pilihan alternatif dengan menggunakan brace atau baju besi untuk membentuk tulangnya.

"Karena aku masih ada di masa pertumbuhan, aku disuruh pake brace dulu. Brace itu baju besi dan harus dipake 23 jam, cuma dilepas waktu mandi," lanjutnya.

Skoliosis yang dialami Hanny sudah masuk pada fase parah. Itu karena kemiringan tulang belakangnya sudah sampai 40 derajat. Ia harus merasakan sakit di punggung, bahu, tulang ekor hingga sering sesak napas.

Hingga saat ini, Hanny sudah menjalani operasi di dokter yang berbeda dan dirawat selama 12 hari. Namun, pasca operasi, tulang belakangnya tidak dapat kembali seperti normal. Tulangnya dipasang pen dan harus menggunakan alat lagi untuk menjaga bentuk tulangnya selama 3 bulan.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)