Virus Baru di China Bisa Menyebar, WHO Ingatkan RS di Seluruh Dunia Waspada

ADVERTISEMENT

Virus Baru di China Bisa Menyebar, WHO Ingatkan RS di Seluruh Dunia Waspada

Firdaus Anwar - detikHealth
Rabu, 15 Jan 2020 12:04 WIB
WHO imbau rumah sakit seluruh dunia waspada terhadap ancaman koronavirus. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan adanya potensi virus baru yang muncul di China menyebar luas, menular dari orang ke orang. Rumah sakit di seluruh dunia diimbau agar selalu waspada.

Virus yang masih dalam keluarga koronavirus ini pertama kali dilaporkan ketika sekitar 41 orang di daerah Wuhan mendadak jatuh sakit pneumonia pada Desember 2019 lalu. Hingga kemudian pada tanggal 14 Januari 2020 peneliti mengkonfirmasi kemunculan kasus serupa di Thailand.


"Dari informasi yang kami miliki, ada kemungkinan penularan terbatas antar manusia di antara keluarga. Tapi jelas untuk sekarang kami tidak menemukan adanya penularan antar manusia yang luas," kata Plt Kepala Unit Penyakit Baru WHO, Maria Van Kerkhove, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (15/1/2020).

WHO masih memetakan kemungkinan penyebaran penyakit ini dan telah mengeluarkan panduan tindakan pencegahan untuk rumah sakit. Belum ada tata cara terapi yang bisa digunakan mengobati penyakit.

"Masih terlalu dini, kami belum memiliki gambaran klinis lebih jelas," ungkap Maria.

Koronavirus merupakan keluarga virus yang diketahui bisa menyebabkan berbagai penyakit mulai dari pilek biasa, severe acute respiratory syndrome (SARS), hingga Middle East respiratory syndrome (MERS).



Simak Video "WHO Tak Terima Data Covid-19, Ini Kata China!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)
Virus Corona Baru di China
Virus Corona Baru di China
323 Konten
China tengah digemparkan wabah pneumonia 'misterius' yang belum diketahui penyebabnya. Belakangan dikaitkan dengan virus corona jenis baru.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT