Rabu, 15 Jan 2020 12:26 WIB

Badan Mudah Lelah? Waspada Tanda Kolesterol Tinggi

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Kolesterol tinggi sering dijuluki 'silent killer' karena sering tak bergejala tapi berakibat fatal. Namun, meski tidak menunjukkan gejala khusus, orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi akan lebih mudah merasa lelah alias capek.

"Kadar kolesterol yang tinggi biasanya terdeteksi dari pemeriksaan darah bukan dari gejala yang dirasa. Dalam beberapa kasus, kolesterol total tinggi biasanya juga dapat menunjukkan gejala pada tubuh seperti cepat lelah, mengantuk, tengkuk berat sampai pegal, dan sakit kepala pada beberapa orang," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, kepada detikHealth, baru-baru ini.

dr Muliaman menambahkan, tengkuk kaku dan terasa pegal sering juga dialami penderita kolesterol tinggi di atas 200mg/dl. Cepat lelah juga bisa dikeluhkan oleh penderita kolesterol. Bahkan, kelelahan itu bisa terjadi tanpa adanya aktivitas olahraga sebelumnya.


"Ini terjadi karena suplai darah pada penderita kolesterol yang berkurang ke otak. Pembuluh darah alirannya terganggu karena penebalan pembuluh darah akibat kolesterol yang mulai menempel. Sementara pada orang yang berolahraga, bisanya lebih penumpukan asam laktat hasil metabolisme otot yang bekerja saat olahraga, jadi bukan karena aliran darah yang tersumbat," jelasnya.

Menurut dr Muliaman, untuk mengatasi kondisi ini pencegahan adalah hal yang paling dianjurkan. Periksa secara rutin kadar kolesterol. Jika Anda sudah di atas usia 40 tahun bisa periksa kadar kolesterol 1-2 kali setahun.

"Kalau memang kolesterol di atas 200 mg (tampilkan tabel kolesterol yang normal-hiperkolesterolemia) bisa konsultasi ke dokter atau mulai pola hidup sehat dengan menjaga pola makan mulai melakukan diet makanan yang rendah lemak dan rajin berolahraga," ujar dr Muliaman.

Jika kadar kolesterol normal pun, menurut dr Muliaman, harus tetap melakukan hal yang sama, yakni pola hidup sehat dan menjaga pola makan.
Agar dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh, bantu dengan mengonsumsi Nutrive Benecol yang mengandung mengandung Plant Stanol Ester (PSE) yang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.


Konsumsi Nutrive Benecol 2 kali sehari setelah makan, terutama jika makan makanan yang mengandung lemak tinggi. Jika dilakukan rutin, dalam 2-3 minggu, terbukti menurunkan 7-10% dan menjaga kadar kolesterol menjadi ke level yang tetap normal.

Simak Video "Catet! Hotline Kemenkes Soal Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)