Rabu, 15 Jan 2020 18:31 WIB

Wanita Juga Bisa Turun Berok, Kenali Penyebabnya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ilustrasi gejala hernia pada wanita. Foto: iStock Ilustrasi gejala hernia pada wanita. Foto: iStock
Jakarta - Turun berok umumnya terjadi pada pria. Istilah turun berok ini secara medis lebih dikenal dengan hernia. Saat turun berok, organ usus turun dari tempat yang seharusnya.

Meski sering terjadi pada pria, wanita juga berisiko mengalami turun berok atau hernia. Namun, turun berok pada wanita sering dikaitkan dengan turun peranakan. Benarkah begitu?

Dr dr Agi Satria Putranto, SpB-KBD, dari Rumah Sakit Umum Nasional Dr Cipto Mangunkusumo menjelaskan, turun berok pada pria dan wanita tidak memiliki perbedaan.


"Sebetulnya tidak ada perbedaan, semua itu yang keluarnya usus. Tetapi pada wanita itu biasanya lebih jarang daripada laki-laki, tapi umumnya bisa," jelasnya saat ditemui detikcom, Rabu (14/1/2020).

Namun, apa yang menyebabkan turun berok pada wanita?

"Kalau di wanita misalnya sering melahirkan, itu bisa membuat hernia (turun berok), bedanya kalau wanita itu memang tidak lebih kompleks daripada pria," pungkasnya.

Turun berok atau hernia pada wanita umumnya terjadi ketika sebagian usus menonjol keluar karena lemahnya otot paha atas, tepat di bawah selangkangan. Gejala turun berok pada wanita pun sulit dikenali, karena nyeri di panggul dan selangkangan sering diduga mengarah ke masalah kewanitaan.





Simak Video "Mengenal Faktor Risiko Kanker Usus"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)