Rabu, 15 Jan 2020 19:30 WIB

Benarkah Turun Berok Bikin Pria Mandul dan Susah Ereksi?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ilustrasi ereksi. Foto: thinkstock Ilustrasi ereksi. Foto: thinkstock
Jakarta - Turun berok atau hernia, yakni kondisi turunnya organ dari tempat yang seharusnya umumnya banyak menyerang pria daripada wanita. Maka dari itu, banyak pria khawatir hal ini bisa mengganggu kemampuan ereksinya.

Selain gagal ereksi, turun berok pada pria juga sering disebut memiliki hubungan dengan kemandulan. Namun, benarkah turun berok memang bisa membuat pria gagal ereksi, dan mandul?

Dr dr Agi Satria Putranto, SpB-KBD, dari Rumah Sakit Umum Nasional Dr Cipto Mangunkusumo, menjelaskan risiko yang terjadi akibat turun berok pada pria.

"Kalau disfungsi ereksi tidak, yang bisa terjadi itu di pematangan sperma, bisa mengganggu kesuburan, karena kualitas spermanya menurun," jelasnya saat ditemui detikcom di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (14/1/2020).


Menurutnya, untuk mengatasi hal ini, baiknya pria selalu mengenali nyeri yang menyerang secara terus menerus pada paha kiri, dan paha kanan. Ia pun menyarankan untuk segera dilarikan ke rumah sakit jika menemui kondisi seperti ini.

"Kalau makin lama makin nyeri, nyerinya bertambah, bisa jadi nanti kembung juga cirinya, nah itu harus segera dibawa ke rumah sakit," pungkasnya.



Simak Video "Mengenal Faktor Risiko Kanker Usus"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)