Kamis, 16 Jan 2020 06:26 WIB

Hasil Uji Sampel Keluar, 27 Warga Gunungkidul Positif Antraks

Pradito Rida Pertana - detikHealth
Hasil tes, 27 warga Gunungkidul positif terinfeksi antraks. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Yogyakarta - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul menyebut hasil uji sampel di daerah terpapar antraks telah keluar. Hasilnya, 27 warga Dusun Ngrejek Wetan, Desa Gombang, Kecamatan Ponjong positif antraks.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Sumitro mengatakan, bahwa pada tanggal 4 Januari pihaknya menemukan 540 orang terpapar antraks. Jumlah itu terdiri dari 2 Dusun yakni, Dusun Ngrejek Wetan dan Dusun Ngrejek Kulon, Desa Gombang, Kecamatan Ponjong.

Sedangkan di Kecamatan Semanu, Dinkes menemukan 64 orang yang terpapar antraks karena mengkonsumsi daging dari sapi yang mati mendadak di Desa Gombang. Karena itu, Dinkes mengambil 65 sampel baik darah dan usap luka untuk diuji laboratorium.

"Dari yang ratusan orang itu, 87 menunjukkan gejala klinis, yang diambil darahnya 54 orang dan yang diambil swipe lukanya 11 orang," katanya saat ditemui di Desa Logandeng, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (16/1/2020).

"Nah, hasil uji sampelnya sudah keluar dan yang positif antraks ada 27 orang. Kalau yang diambil swipe luka hasilnya negatif (antraks)," imbuh Sumitro.



Menurutnya, 27 orang itu terkena antraks yang menyerang bagian kulit. Meski diakuinya, beberapa di antaranya terkena antraks yang menyerang kulit dan pernapasan.

"Saat ini warga yang positif antraks kita berikan antibiotik profilaksis lanjutan sampai 20 hari dan untuk yang gejala kita berikan antibiotik. Selain itu, mereka yang positif kan dicek ulang darahya di BBVET (Bogor)," katanya.

Sumitro menambahkan, untuk hasil uji sampel dari 1 suspect yang meninggal beberapa waktu lalu juga telah keluar. Hasilnya, warga Desa Gombong ini bukan meninggal karena antraks.

"Hasil laboratorium sudah keluar, dia negatif antraks dan meninggal karena penyakit meningitis," ucapnya.


Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Raffi Ahmad-Deddy Corbuzier Ikut Gerakan #MaskerKainUntukSemua"
[Gambas:Video 20detik]