Kamis, 16 Jan 2020 07:30 WIB

5 Manfaat Berenang sebagai Olahraga Pagi Ini (2)

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Berenang bisa menjaga sistem kardiovaskular tetap baik. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Berenang bisa menjaga sistem kardiovaskular tetap baik. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Ingin mencoba olahraga yang baru untuk dilakukan setiap pagi? Berenang mungkin bisa jadi jawaban kamu. Olahraga berdampak rendah ini sangat baik untuk seluruh tubuh dan juga sistem kardiovaskularmu, dan baik bagi pengidap asma juga, lho.

Berenang setiap pagi juga bisa membantu membakar sejumlah kalori di tubuh, jadi jika kamu juga sedang dalam program diet, berenang bisa membantumu 'melunturkan' lemak-lemak membandel. Dirangkum dari Healthline, berikut adalah deretan manfaat sehatnya berenang di pagi hari:


1. Membakar kalori

Olahraga merupakan salah satu cara yang efektif untuk membakar kalori. Orang dengan bobot 73 kg bisa membakar kira-kira 423 kalori sejam dalam satu kalo putaran renang yang sedang. Orang yang sama bisa membakr 715 kalori dengan kecepatan yang lebih tinggi.

2. Memperbaiki kualitas tidur

Berenang memiliki kemampuan untuk membantumu tidur lebih baik di malam hari. Dalam sebuah studi pada lansia dengan insomnia, peserta dilaporkan mengalami baik kualitas hidup dan tidur yang membaik setelah melakukan olahraga aerobik rutin, termasuk berenang.

3. Meningkatkan mood

Sejumlah peneliti mengevaluasi sekelompok kecil orang dengan demensia dan melihat adanya perbaikan dalam mood mereka setelah berpartisipasi dalam program akuatik selama 12 minggu. Berenang dan olahraga akuatik tak hanya bermanfaat secara psikologis bagi pengidap demensia namun juga bisa meningkatkan mood.

4. Mengurangi stres

Peneliti di Taiwan menyurvei sekelompok perenang segera sebelum dan setelah berenang. Dari 101 orang yang disurvei, 44 di antaranya melaporkan mengalami depresi ringan dan stres yang terkait dengan hidup yang serba cepat. Setelah berenang, jumlah orang mengaku merasa masih stres menurun drastis hanya berjumlah delapan orang. Meski begitu riset lanjutan masih dibutuhkan dalam hal ini, dan para peneliti menyimpulkan bahwa berolahraga sangat berpotensi kuat untuk mengurangi stres lebih cepat.

5. Aman bagi ibu hamil

Ibu hamil yang ingin berolahraga bisa melakukan berenang karena aman. Namun meski begitu, ada beberapa ibu hamil yang mungkin memiliki keterbatasan aktivitas karena komplikasi yang dimiliki selama kehamilan. Jika kamu ingin mencoba berenang semasa hamil, diskusikan bersama dokter sebelum memulai program olahraga apapun dan jika memiliki komplikasi, tanyakan apakah olahraga tersebut aman untuk dilakukan.



Simak Video "Tips Olahraga untuk Pemula ala Cinta Laura"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)