Kamis, 16 Jan 2020 11:00 WIB

Kanker Usus Besar Mulai Menyerang Generasi Milenial, Kenali Gejalanya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kanker usus mulai serang kaum milenial. (Foto: Istock) Kanker usus mulai serang kaum milenial. (Foto: Istock)
Jakarta - Kanker usus besar umumnya sering menyerang usia lanjut, yaitu 50 tahun ke atas. Namun, baru-baru ini penelitian menunjukkan kanker usus besar di generasi milenial mulai meningkat.

Dr dr Wifanto Saditya Jeo, SpB(K)BD, menyampaikan data yang ditemukan di Rumah Sakit Umum Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), soal kanker usus besar di usia muda. Kanker usus besar pada generasi milenial mengalami peningkatan di tahun 2018, menjadi 133 kasus. Pasien termuda yang mengalami kanker usus besar berusia 24 tahun.

Menanggapi hal ini, tentunya generasi milenial harus mulai mewaspadai gejala-gejala yang terjadi pada kanker usus besar. Apa saja gejalanya?


"Buang Air Besar (BAB) darah, sulit BAB, diare, terus kadang berat badannya turun secara tiba-tiba," jelasnya saat ditemui detikcom, Rabu (14/1/2020).

Menurut Dr Wifanto, gejala turun berat badan secara tiba-tiba perlu diwaspadai. Karena, ketika gejala tersebut muncul, kemungkinan besar seseorang sedang mengalami kanker usus besar.

"Turun berat badan yang tidak tahu sebabnya, kalau kita diet kan turun berat badan, tapi kok tau-tau makin lama makin turun nah itu biasanya ada proses cancer," pungkasnya.

Menurutnya, penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya ini terjadi karena sel kanker melepaskan suatu substansi yang mengganggu proses perubahan nutrisi asupan makanan menjadi energi.



Simak Video "Calon Pengantin, Lakukan Ini Sebelum Nikah untuk Cegah Kanker Serviks"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)