Kamis, 16 Jan 2020 12:10 WIB

Sule Bakal Nikah Lagi, Berikut 4 Cara Terbaik Agar Cepat Move On

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Komedian Sule (Foto: Noel/detikFoto) Komedian Sule (Foto: Noel/detikFoto)
Jakarta - Setelah bercerai dari istri pertamanya, Lina Jubaedah, komedian Sule dikabarkan akan segera menikah lagi. Pengacara Sule, Dose Hudaya, menyebut pernikahan akan berlangsung dalam waktu dekat.

"Tadinya kan Februari, tapi karena suasana duka jadi diundur beberapa bulan," kata pengacara Sule, Dose Hudaya, kepada detikcom, Kamis (16/1/2020).

Patah hati, baik karena putus cinta atau mengalami perceraian, tentu membawa luka namun bukan berarti tak bisa sembuh. Butuh waktu, perawatan diri, dan padangan positif untuk bisa melanjutkan hidup.

Menurut pakar hubungan Ammanda Major, ada empat langkah yang akan membantu seseorang untuk cepat bisa move on dikutip dari The Independent.



1. Nggak masalah kalau sedih, nikmati waktunya

Bagi sebagian orang, perceraian dan perpisahan bisa sangat menyakitkan. Bagaimana tidak, dulunya bisa melihat hampir tiap hari sampai tidak bisa berhubungan sama sekali. Rasanya mustahil membayangkan hidup tanpa pasangan.

Tetapi penting untuk menerima kenyataan yang saat ini dihadapi. Nggak masalah kalau sedih, nikmati waktu kehilanganmu. Sedihmu pun tak akan berlangsung lama.

Momen ini adalah saat terbaik untuk refleksi diri dan hubungan. Meski boleh bersedih, jangan biarkan emosi itu berlangsung berlarut-larut jika ingin cepat move on.

2. Ingat bahwa dirimu penting

Dalam banyak hubungan, fokus utamanya adalah "kita" bukan "saya" atau "aku". Jika suatu hubungan berakhir, ini adalah kesempatan unik untuk mengetahui sebenarnya dirimu ingin melakukan dan mengerjakan apa.

Meski terdengar klise, perpisahan menawarkan kesempatan untuk kembali peduli dengan diri sendiri. Ini berarti menggeluti hobi lama atau bahkan berbincang lagi dengan teman-teman. Luangkan waktu untuk melakukan hal yang bisa membuatmu lebih baik akan membantu meningkatkan suasana hati pasca putus.

Daripada bergegas ke hubungan baru, luangkan waktu untuk fokus pada dirimu.

3. Jangan sungkan minta bantuan

Saat menghadapi perpisaan, itu pasti akan membuatmu terkejut dan memperpanjang proses berduka. Selain kaget, seseorang juga bisa merasakan penolakan hebat ketika pasangan mengakhiri hubungan tiba-tiba.

Untuk itu, jangan sungkan meminta bantuan jika kamu merasa sangat terpuruk. Bicara dengan orang terdekat tentang apa yang kamu rasakan akan membuatmu sedikit lebih nyaman.

4. Ingat bahwa waktu bisa sembuhkan luka

Kamu mungkin tidak menyadarinya, tapi seiring berjalannya waktu perasaan sakit hati dan pengkhianatan akan berkurang. Memori akan hubunganmu yang kandas takkan lagi menyakitkan dan suatu hari, baik itu bulan depan atau beberapa tahun lagi, pikiran akan mantan pasanganmu tak lagi membuatmu jatuh terpuruk.

Tahun pertama perceraian atau perpisahan akan menjadi masa yang paling sulit dan memahami itu penting. Kamu akan mengalami saat-saat sedih dan nostalgia. Tapi percayalah, kenangan itu pada akhirnya tak akan membuatmu terpuruk lagi.



Simak Video "Apa Sih Quarter Life Crisis?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)