Kamis, 16 Jan 2020 13:30 WIB

Vidi Aldiano Hidup dengan Satu Ginjal, Ini Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Setelah operasi, Vidi kini hidup dengan satu ginjal. (Foto: Asep Syaifullah)
Jakarta - Penyanyi Vidi Aldiano telah kembali ke Indonesia setelah menjalani operasi pengangkatan ginjal di Singapura. Vidi, begitu ia akrab disapa, saat ini harus hidup dengan satu ginjal setelah menjalani operasi untuk menyembuhkan kanker ginjal yang diidapnya.

"Jadi memang sekarang harus nggak boleh stres, nggak boleh terlalu sedih jadi harus happy-happy," tutur pelantun Status Palsu tersebut dikutip dari Insert Live, Kamis (16/1/2020).

Setelah menjalani operasi pengangkatan ginjal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pasien. Mengutip UK Cancer Research, satu ginjal cukup untuk menyaring darah agar tetap bersih dan sehat.


Meski demikian, tetap penting untuk menjaga satu ginjal yang tersisa. Sebab mereka yang harus hidup dengan satu ginjal akan lebih berisiko kehilangan darah, serangan jantung, reaksi alergi pada obat dan gumpalan darah jika tidak dijaga dengan baik.

Oleh sebab itu, pasien yang masih merokok sangat disarankan untuk berhenti sebab kebiasaan tersebut telah dikaitkan dengan kanker ginjal dan bahaya kesehatan lainnya.

Selain itu usahakan untuk selalu menjaga pola makan. Cobalah untuk makan lebih banyak buah dan sayuran segar dan jangan terlalu banyak mengonsumsi protein.

Jika ingin berolahraga, dokter menyarankan orang dengan satu ginjal untuk menghindari olahraga intensitas tinggi seperti sepak bola, tinju, hoki, seni bela diri atau gulat.



Simak Video "Raffi Ahmad-Deddy Corbuzier Ikut Gerakan #MaskerKainUntukSemua"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)