Kamis, 16 Jan 2020 17:18 WIB

Kebiasaan Membungkus Makanan Panas Pakai Plastik Bisa Picu Kanker Payudara

Nurul Khotimah - detikHealth
Kebiasaan membungkus makanan panas dengan plastik dikaitkan dengan risiko kanker payudara (Foto: iStock)
Jakarta - Tak jarang, sup atau makanan panas lain dari rumah makan dibungkus plastik untuk dibawa pulang. Sebaiknya tidak dibiasakan, karena membungkus makanan panas dengan plastik dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Dikutip dari World of Buzz, menurut Oriental Daily, Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan di Taiwan mengatakan pada 2014, kanker payudara adalah penyakit yang memiliki jumlah pasien tertinggi. Ada lebih dari 10.000 pasien kanker payudara dalam satu tahun saja.

Direktur pusat kanker payudara di Rumah Sakit Memorial Shin Kong Wu Ho-Su, Zheng, mengatakan orang Taiwan umumnya menderita kanker payudara setelah menopause atau sebelum usia 40 tahun. Bagi mereka yang telah menderita kanker payudara sebelum usia 40 tahun, kemungkinan salah satu penyebabnya adalah kebiasaan membeli makanan panas untuk dibawa dalam kantong plastik atau wadah tipis.

Panas dari makanan di kantong plastik dapat menyebabkan pelepasan bahan kimia berbahaya yang diserap oleh makanan dan dikonsumsi oleh mereka. Salah satu bahan kimia yang ada dalam plastik dan berbahaya bagi tubuh adalah Bisphenol A (BPA). BPA adalah estrogen sintetik yang lemah yang dapat mengganggu hormon tubuh dan membuat sel kanker payudara berkembang dan tumbuh pada tingkat paparan tertentu.



Namun, senyawa BPA masih menjadi polemik dalam beberapa penelitian. Ada yang mengatakan menyebabkan kanker dan sebagian mengatakan BPA bukanlah zat karsinogen.

"Di Barat, kanker payudara biasanya terjadi setelah menopause tetapi di Taiwan, wanita berusia di bawah 35 tahun, 6-9 persen merupakan pasien kanker payudara," kata Zheng, Kamis (16/1/2020)

Untuk itu, sebaiknya membawa wadah makan sendiri saat membeli makanan dari luar. Selain mengurangi sampah plastik, ini juga berguna untuk menghindari bahaya dari penggunaan plastik pada makanan panas. Jika tidak, pastikan bahwa kemasan plastik yang digunakan oleh restoran itu tahan panas dan aman untuk penggunaan makanan.



Simak Video "Ulat Pemakan Plastik Ini Disebut Bisa Bantu Berantas Sampah Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)