Jumat, 17 Jan 2020 07:48 WIB

Cara Sederhana Ini Bisa Tingkatkan Kecerdasan Anak di Usia Emas

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: Shutterstock
Jakarta - Memiliki anak yang kreatif dan cerdas di masa mendatang adalah impian semua orang tua. Tak heran banyak cara yang dilakukan untuk membangun kecerdasan anak agar kelak bisa mewujudkan cita-citanya.

Menurut Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi hal tersebut terbilang wajar sebab setiap orang tua pasti ingin melakukan hal yang paling baik bagi anak-anaknya, dengan memastikan keamanan di dalam maupun di luar rumah.

Kabar baiknya, ada cara mudah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan anak mulai dari sekarang dan bisa dibilang tanpa modal apa-apa.


"Misal, membacakan buku untuk mereka, bermain dengan mereka, memberikan tanggung jawab dan kedisiplinan. Serta yang tidak kalah penting adalah memberikan nutrisi yang adekuat (memadai) untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak," ujar dr Helmin kepada detikHealth baru-baru ini.

Dr Helmin mengatakan kualitas kecerdasan anak juga tergantung pada kualitas sirkuit yang terbentuk sampai umur tiga tahun. Kualitas sirkuit tergantung pada kualitas rangsangan (stimulasi) yang didapat sejak di kandungan dan kualitas nutrisi.

"Karena itu, kebutuhan nutrisi dan stimulasi dini sangat penting. Karena tumbuh kembang otak sangat cepat, maka sampai berumur satu tahun, 60% energi makanan bayi digunakan bagi pertumbuhan otak," terangnya.

Perlu diingat bahwa kecerdasan juga dipengaruhi banyak hal yang terbagi dua yaitu genotif dan fenotif. Jadi untuk membuat anak cerdas harus memperhatikan kedua aspek tersebut.


"Untuk genotif tidak bisa diutak-atik lagi, tetapi untuk faktor fenotif banyak hal yang bisa dilakukan, seperti pola asuh, memberikan nutrisi yang sesuai untuk kebutuhan tumbuh kembang anak, memperhatikan kesehatan dan lingkungan yang sehat bagi tumbuh kembangnya termasuk pemberian multivitamin," jelasnya.

"Kedua, pola asih, memberikan kasih sayang yang adekuat sesuai perkembangannya. Serta pola asah, memberikan rangsangan yang sesuai usia tumbuh kembang anak. Jadi untuk mencetak anak cerdas semua hal diatas perlu diperhatikan," pungkasnya.

Selain itu, agar kebutuhan nutrisi dapat dipenuhi secara optimal, juga perlu diberikan multivitamin seperti Cerebrofort Marine Gummy yang diperkaya AA, DHA dan EPA, yang penting untuk meningkatkan perkembangan otak anak. Gummy ini terbuat dari minyak ikan tuna yang berasal dari ikan air laut yang memiliki kandungan omega 3 jauh lebih tinggi dibandingkan ikan air tawar. (prf/ega)