Jumat, 17 Jan 2020 06:25 WIB

Kanker Usus Besar Intai Milenial, Gaya Hidup Seperti Ini Meningkatkan Risiko

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Foto: ThinkstockKanker usus besar mulai membayangi kaum milenial (Foto: iStock)
Jakarta - Baru-baru ini penelitian menunjukkan, generasi milenial banyak yang terkena kanker usus besar. Menurut data yang ada di Rumah Sakit Umum Nasional Dr Cipto Mangunkusumo, di tahun 2018, usia termuda yang mengalami kanker usus besar ternyata ada di usia 24 tahun.

Dalam disertasinya, Dr dr Wifanto Saditya Jeo, SpB(K)BD, menjelaskan peningkatan angka kanker usus besar pada kelompok usia muda terjadi karena sel tumor berkembang lebih cepat ke stadium lanjut di usia muda. Namun menurutnya, sampai saat ini perlu penelitian lebih lanjut untuk dapat menjelaskan penyebabnya.

Meski begitu, Dr Wifanto mengimbau generasi milenial mulai waspada akan ancaman kanker usus ini. Menurutnya, penyebab kanker usus tak hanya terjadi karena orang tersebut memiliki keturunan. Ada juga beberapa hal yang disebabkan karena gaya hidup. Apa saja gaya hidup yang perlu diwaspadai?



"Gaya hidup itu berpengaruh, apalagi generasi sekarang ya, misalnya dari kurangnya aktivitas, kerja di kantor duduk saja terus selama beberapa jam, terus kebiasaan merokok, jarang olahraga," jelasnya saat ditemui detikcom di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Rabu (15/1/2020).

Selain gaya hidup yang kurang aktif, Dr Wifanto juga menjelaskan pola makan berperan penting bagi kesehatan usus. Makanan seperti berikut ternyata berisiko menyebabkan kanker usus besar.

"Makanan yang tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, itu perlu dihindari, juga pola makan yang kurang serat ya," pungkasnya.



Simak Video "Pentingnya Peran Keluarga Dalam Dampingi Pasien Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)