Jumat, 17 Jan 2020 08:02 WIB

Kurang Konsentrasi? Mungkin Kamu Butuh Minum Air Putih

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Dehidrasi bisa berpengaruh pada fungsi otak (Foto: iStock)
Jakarta - Air sangat penting bagi tubuh manusia. Ini karena sebagian tubuh manusia terdiri dari air. Bahkan manusia bisa mengalami dehidrasi dan lemas jika kebutuhan airnya tidak tercukupi.

Dikutip dari laman The List, selain berfungsi untuk mengatasi dehidrasi, air juga sangat berpengaruh terhadap kinerja otak. Mirip slogan produk air dalam kemasan, ternyata itu memang terbukti benar dan sesuai dengan studi dari School of Psychology di University of Barcelona.

"Dehidrasi atau kurang asupan air dapat mempengaruhi keseimbangan fungsi homeostatis. Ini dapat berpengaruh besar pada kinerja kognitif otak yang memang rentan terhadap dehidrasi," tulis dalam penelitian tersebut.



Keadaan ini tidak hanya berpengaruh pada orang tua, bahkan generasi milenial yang terlalu sering mengkonsumsi minuman kekinian yang mayoritas gula dan anak-anak pun juga rentan mengalaminya.

Menurut studi tersebut, dehidrasi sangat berpengaruh pada pekerjaan yang membutuhkan perhatian, ketelitian, psikomotor, daya ingat, dan penilaian seseorang terhadap sesuatu.

Biar kegiatan dan pekerjaan kamu tidak terganggu, biasakan minum air putih secukupnya. Tidak perlu langsung banyak, cukup rutin melakukannya sepanjang hari dari bangun tidur hingga malam hari.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)