Jumat, 17 Jan 2020 09:06 WIB

Terlalu Kuat Mengejan Saat BAB, Pria Ini Gagal Jantung Lalu Tewas

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Terlalu kuat mengejan bisa membebani jantung (Foto: thinkstock)
Jakarta - Seorang pria di Zhejiang, China, mengalami gagal jantung saat tengah berjuang mengatasi susah Buang Air Besar (BAB). Diyakini pria ini mengejan terlalu kuat di toilet.

Berawal dari keluhan konstipasi awal tahun lalu, pria 72 tahun ini dilaporkan tidak BAB hingga 3 hari. Suatu malam, ia memaksakan diri ke toilet untuk buang hajat.

Mendadak, pria ini kolaps dan tak sadarkan diri. Dikutip dari World of Buzz, pria ini sempat dilarikan ke rumah sakit sebelum akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Dokter menjelaskan bahwa pria ini mengeluarkan tenaga berlebihan saat BAB, yang akhirnya memicu gagal jantung. Saat mengejan, tekanan internal dalam tubuh dapat mempengaruhi saraf maupun denyut nadi dan tekanan darah.



Dalam sebuah wawancara, ahli jantung dari Siloam Hospital Karawaci, dr Vito A. Damay, SpJP(K), menjelaskan bahwa memaksakan BAB saat konstipasi bisa memicu masalah jantung bagi yang punya riwayat penyakit jantung.

"Memang orang yang punya penyakit jantung sebaiknya tidak boleh mengejan, karena itu meningkatkan risiko tekanan yang tinggi dalam rongga jantung," jelasnya.



Simak Video "RSUD Banjar Layani Penyakit Jantung Peserta BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)