Senin, 20 Jan 2020 08:11 WIB

Sosok Almarhum Joserizal Jurnalis, Pendiri MER-C dan Perintis RS di Gaza

Firdaus Anwar - detikHealth
dr Joserizal Jurnalis meninggal dunia. (Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Joserizal Jurnalis meninggal dunia pada hari Senin (20/1) dini hari di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta. Dokter ahli ortopedi ini dikenal sebagai relawan kemanusiaan yang peduli terhadap masalah konflik dan bencana.

Kiprah Jose di bidang sosial dimulai pada 14 Agustus 1999 dengan mendirikan organisasi Medical Emergency Rescue Committee (MER-C). Kala itu Jose bersama rekannya prihatin terhadap penanganan korban kerusuhan dan pengungsi tragedi Ambon.

Dari awalnya bergerak di dalam negeri, dr Jose bersama tim MER-C kemudian terlibat dalam misi kemanusiaan di luar negeri. Situs resmi MER-C menyebut hingga tahun 2015 relawannya sudah terlibat dalam 124 misi di Afghanistan, Irak, Iran, Thailand, Khasmir, Pakistan, Libanon Selatan, Sudah, Somalia, dan Palestina.


Pada misi di Palestina, Jose bergerak sebagai ketua tim kemanusiaan yang mendukung pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza.

"Ketika saya dan teman-teman relawan lain dari MER-C menjadi relawan di sana, yang beroperasi hanya satu buah rumah sakitnya. Atas dasar itulah saya dan teman-teman lain mengeluarkan ide gila untuk membuat rumah sakit di sana," kata Jose pada detikcom beberapa waktu lalu.

Kini pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza sudah rampung namun disebut masih butuh bantuan dana untuk beroperasi optimal.

Jose dikabarkan akan dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur.



Simak Video "Anjing Penghibur yang Bikin Pasien Kembali Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)