Senin, 20 Jan 2020 12:57 WIB

Menelan Boba Tanpa Dikunyah Ternyata Memang Ada Risikonya Lho!

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Bukan boba, ini batu empedu yang kerap dipakai untuk menakut-nakuti penggemar boba. (Foto: Tangkapan layar Instagram)
Jakarta - Mempunyai tekstur yang kenyal ketika dimakan, boba atau bola-bola tapioka banyak digemari orang. Tapi hati-hati, boba yang tidak dikunyah dengan benar juga akan menyebabkan masalah pada kesehatan.

Ahli pencernaan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, mengatakan bahwa boba yang tidak dikunyah dengan benar akan sulit untuk dicerna.

"Pertama kalau misalnya dia memiliki masalah di lambungnya dia itu akan menambah beban kerja untuk lambungnya. Jadi kan lambungnya bekerja ekstra, makanya kan kalau untuk orang-orang yang sakit maag itu tidak dianjurkan, karena apa? Karena ini sulit untuk dicerna," kata Prof Ari kepada detikcom, Senin (20/1/2020).



Prof Ari juga menjelaskan, mengunyah makanan dengan benar dapat menekan nafsu makan. Dampaknya, perut akan terasa lebih cepat kenyang dan mencegah konsumsi karbohidrat yang berlebihan.

"Kedua pada akhirnya dia akan mengonsumsi karbohidrat yang berlebih-lebihan, karena apa? Mungkin dia minum satu gelas belum terasa kenyang. Tapi kalau dia kunyah dengan benar itu akan menekan nafsu makan. Jadi satu gelas saja sudah cukup," ucap Prof Ari.

"Misalnya kalori dalam boba itu ada sekitar 300 kalori, dua kali makan boba saja sudah kaya makan besar," lanjutnya.

Menurut penelitian yang dirilis oleh Food Science and Nutrition pada Januari 2017 menunjukkan bahwa boba memiliki sekitar 170 sampai 200 kalori di dalamnya. Sementara teh susu dan gula yang dipadukan dengan boba mengandung 140 kalori. Jadi jumlah kalori dalam segelas boba bisa mencapai 310-340 kalori.

Hmmm.. jadi penasaran, siapa saja yang kalau makan boba langsung ditelah tanpa dikunyah? Tinggalkan jejak di komentar.



Simak Video "Daftar 54 Hoax Mengenai Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)