Senin, 20 Jan 2020 13:30 WIB

Menyebar di Gunungkidul, Berapa Lama Penyembuhan Antraks pada Manusia?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Waktu penyembuhan antraks pada manusia. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Kasus antraks sedang menyerang Kabupaten Gunungkidul, Desa Gobang, Kecamatan Pojong hingga menular ke manusia. Hal ini diduga terjadi karena banyaknya hewan ternak baru yang masuk dan konsumsi daging ternak yang sakit oleh masyarakat sekitar.

"Dinas Kesehatan juga melakukan pengambilan sampel berupa tanah tempat terjadinya kasus dan sampel luka pada kulit manusia yang diduga terpapar penyakit ini," jelas Kepala Balai Besar Veteriner Wates, drh Bagoes Poermadjaja, MSc, yang menginvestigasi kasus Antraks di Gunungkidul, dalam rilis Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH).

Antraks adalah penyakit langka menular yang disebabkan bakteri Bacillus anthracis. Dapat terinfeksi pada manusia lewat kontak langsung atau tidak langsung dengan hewan yang terkontaminasi. Antraks bisa menular ke manusia melalui tiga area, yaitu kulit, paru-paru (inhalasi), dan mulut (gastrointestinal).

Spora bakteri antraks akan berkembang di dalam tubuh sebelum menjadi penyakit. Ini butuh waktu 1-6 hari. Setelah itu, spora akan melepaskan zat beracun yang menyebabkan pendarahan internal, pembengkakan, hingga kematian jaringan. Untuk mendiagnosisnya ada beberapa cara, seperti pemeriksaan patologi atau cairan, tes darah, pemeriksaan kotoran, hingga rontgen.


Antraks itu virus berbahaya dan langka, berapa lama untuk mengobatinya?

Dikitip Medline Plus, untuk mengobati antraks obat yang diperlukan adalah antibiotik. Penggunaan obat ini bisa sebagai pencegahan dan juga pengobatan setelah terinfeksi. Jenis yang biasa diresepkan yaitu penisilin, doksisiklin, dan siprofloksasin. Jumlah dan waktu pemakaiannya harus ditentukan oleh ahlinya atau dokter.

Untuk antraks kulit, antibiotik yang biasanya diberikan adalah doxycycline dan ciprofloxacin. Obat ini biasanya harus dikonsumsi selama 7-10 hari sampai infeksi itu sembuh.

Pada antraks inhalasi, penggunaan antibiotik jenis ciprofloxacin harus dikombinasikan dengan obat lainnya yang disarankan dokter. Biasanya obat ini harus diminum selama 60 hari. Fungsinya agar spora bakteri yang tubuh bisa dibasmi habis.



Simak Video "Dampak Abu Vulkanik Lebih Berbahaya Daripada Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)