Senin, 20 Jan 2020 13:59 WIB

Ini Lho Jenis Batu Empedu yang Sering Dikira Boba

Nurul Khotimah - detikHealth
Sering disangka boba, sebenarnya batu empedu (Foto: iStock)
Jakarta - Sebuah video menunjukan setumpuk benda yang mirip boba dalam organ manusia viral di media sosial (medsos). Beberapa netizen menyebutkan itu di usus dan mungkin di kantong empedu.

Video yang bermula dari akun @justageneralsurgeon ini diberi caption 'bag of boba' tapi dengan tambahan tagar #gallstones atau batu empedu. Dengan begitu ini cukup jelas bahwa benda yang mirip boba itu ialah batu empedu yang mengkristal.

Namun, mengapa batu empedu bisa mirip seperti boba? Ada penjelasan kuat yang mengungkapkan mengapa demikian. Batu empedu sendiri merupakan endapan cairan pencernaan yang mengeras dan terbentuk di kantong empedu.



Dikutip dari Mayo Clinic, batu empedu memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari sekecil butiran pasir hingga sebesar bola golf. Pada sebagian orang batu empedu hanya tumbuh satu, tapi beberapa orang akan mungkin tumbuh batu empedu dalam jumlah banyak. Mungkin ini yang terjadi dan terlihat seperti tumpukan boba.

Untuk membedakan batu empedu bisa dilihat dari jenisnya. Batu empedu terdiri dari dua jenis yakni:

1. Batu empedu kolesterol
Ini merupakan jenis yang paling umum dan sering tampak berwarna kuning. Sebagian besar terdiri dari kolesterol yang tidak larut, tapi mungkin juga mengandung komponen lain.

2. Batu empedu pigmen
Batu empedu jenis ini terbuat dari bilirubin berlebih atau pigmen yang terbentuk selama pemecahan sel darah merah. Batu-batu ini biasanya berwarna coklat atau hitam gelap.

Jenis batu empedu pigmen yang berwarna coklat atau hitam inilah yang paling mirip dengan warna boba. Terlebih lagi jika pasien mengalami pertumbuhan batu empedu yang banyak dalam kantong empedunya.



Simak Video "Daftar 54 Hoax Mengenai Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)