Senin, 20 Jan 2020 14:00 WIB

Terlalu Sering Mandi dengan Air Panas Bisa Bikin Kulit Rusak?

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: iStock
Jakarta - Mandi merupakan salah satu cara sederhana untuk melepas lelah serta membuat tubuh lebih nyaman setelah seharian beraktivitas. Apalagi kondisi musim hujan seperti sekarang ini, mandi menggunakan air panas memang menjadi kenikmatan tersendiri.

Namun sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara mandi air hangat dengan benar sehingga dapat berpotensi merusak kesehatan kulit. Bersumber dari Times of India, Senin (20/1/2020), mandi air hangat bisa membuat badan terasa hangat, tetapi bisa menghilangkan kelembapan dari rambut dan kulit. Sementara mandi dengan air panas pun bisa membuat rileks dan menenangkan, tetapi juga terbukti merusak kulit.

"Ya, terlalu sering mandi air panas apalaginya airmya terlalu panas pada beberapa orang membuat kulit menjadi kering. Penyebabnya karena pada kondisi panas, terjadi evaporasi dan menguapnya cairan di sekitar kulit," jelas Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur kepada detikHealth, baru-baru ini.


Terlebih lagi, lanjut dr Muliaman, kulit dan rambut tentunya akan menjadi kering saat musim hujan. Mandi dengan air hangat akan membuatnya semakin kering.

"Pada kondisi hujan yang terus menerus tentu akan meningkatkan kelembapan udara yang tinggi dan memang membuat kulit akan jadi kering. Sebenarnya pada kondisi udara yang dingin tubuh melalui mekanismenya untuk mengeluarkan sekresi kelenjar minyak, tapi pada beberapa orang ini tidak terjadi karena sesuatu hal kelenjar minyaknya tidak berproduksi dengan baik. Kondisi ini bisa berujung pada masalah kulit dan rambut," jelasnya.

Karenanya, pada musim dingin sebaiknya mandi dengan menggunakan air bersuhu suam-suam kuku. Agar kulit tetap lembab, dianjurkan memakai lotion.

"Kelembapan kulit harus tetap dijaga dengan baik secara lokal, seperti pemberian body lotion dan juga pemberian nutrisi yang bagus. Karena kulit yang kering mengakibatkan kulit menjadi keriput," ucap dr Muliaman.

Nah setelah tahu, pastikan untuk tidak sering lagi mandi dengan menggunakan air panas, terutama saat musim hujan. Untuk mendapatkan kulit yang sehat tentunya diperlukan perawatan yang tepat.


Selain itu, bantu perawatan kulit agar tetap sehat dengan penggunaan skin care serta makanan dan minuman sehat yang menambah kelembapan kulit. Minuman kaya kolagen dan antioksidan seperti Diva Beauty Drink cocok untuk menjaga kulit agar tetap lembap serta sehat.

Diva Beauty Drink merupakan minuman kecantikan inovasi terbaru dari Kalbe dengan kandungan 1.000mg Kolagen Aktif, Super Antioksidan dari superfruit, dan Vitamin E. Sudah teruji Klinis dapat meningkatkan kelembaban, kekencangan kulit, mengurangi kerutan, dan mencerahkan kulit. Perubahan pertama dapat dirasakan dalam 14 hari dan akan mendapatkan hasil optimal jika diminum 2 botol setiap hari secara rutin dan jangka panjang.

Simak Video "Penggunaan Massal Vaksin GX19 Diprediksi di Agustus 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)