Senin, 20 Jan 2020 15:52 WIB

Daftar Negara dengan Persebaran Pneumonia China, Indonesia Ada?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Penyakit misterius mirip pneumonia menggemparkan China dan sejumlah negara Asia (Foto: iStock)
Jakarta - Menanggapi kasus penyakit misterius mirip pneumonia di Wuhan, China, Kementerian Kesehatan RI sudah melakukan kesiagaan sebelum tanggal 31 Desember 2019 lalu. Pada saat itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah memberikan informasi mengenai pneumonia akut yang cukup meresahkan di negara tersebut.

"Sampai sekarang, WHO juga masih mengatakan penularannya belum jelas. Dicurigai dari hewan dan belum ditemukan dari manusia ke manusia. Tapi tetangga kita di Thailand, Singapura, Jepang dan Korea, melaporkan orang-orang dengan gejala yang mirip nCov (corona virus) yang ada di Wuhan" sebut Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, dr Anung Sugihantono, di Gedung Kemenkes, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Senin (20/1/2020).



Untuk itu, Kemenkes telah mengirimkan edaran untuk menyiagakan thermal scan di 135 pintu masuk negara baik yang ada di bandara atau pelabuhan. Meski sampai saat ini belum ada travel ban atau pelarangan perjalanan, dr Anung tetap menyarankan agar masyarakat yang ingin ke China untuk tetap berwaspada.

"Sampai saat ini belum ada travel ban, adanya travel advisory. Mau ke China, boleh. Datang dari China, kita terima tapi dengan kesiapan yang kita lakukan," tambah dr Anung.

Per 16 Januari 2020, negara yang sudah melaporkan kasus penyakit mirip pneumonia antara lain:

- Wuhan, China: Terkofirmasi 59 kasus. 7 kondisi serius, 7 sembuh, 2 meninggal
- Bangkok, Thailand: Terkonfirmasi 1 kasus, dinyatakan sembuh
- Tokyo, Jepang: Terkonfirmasi 1 kasus, dinyatakan sembuh
- Hongkong: 71 suspek kasus
- Vietnam: 2 suspek kasus
- Seoul, Korea Selatan: 1 kasus dicurigai, dinyatakan negatif
- Singapura: 1 kasus dicurigai, dinyatakan negatif.



Simak Video "Kemenkes Pastikan Alat Pendeteksi Virus Corona Miliknya Sudah Canggih"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)