Senin, 20 Jan 2020 19:31 WIB

Lemak di Lidah Bisa Jadi Penyebab Gangguan Tidur

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Lemak di lidah bisa jadi sebab gangguan tidur. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Lemak bisa berada di bagian tubuh mana saja, bahkan lidahmu. Lemak berlebih di lidah diklaim para peneliti di Amerika Serikat sebagai salah satu penyebab terjadinya sleep apnea, salah satu gangguan tidur.

Gejala sleep apnea yang paling khas adalah mendengkur dan nafas yang sesekali berhenti saat tidur. Dalam studi yang dipublikasikan di American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine, selain penyebab, mereka juga menemukan cara untuk mengatasinya.

Dikutip dari Men's Health, sudah lama diketahui bahwa menurunkan berat badan dapat mengurangi gejala sleep apnea dan bahayanya, termasuk kelelahan, masalah jantung, diabetes dan dengkuran yang mengganggu pasangan Anda.


Memangnya benar ada lemak di lidah? Dituturkan oleh ketua peneliti, Richard J Schwab, MD dari divisi ilmu tidur di Penn Medicine, lidah bisa ditutupi dengan lemak tanpa Anda ketahui, dan jumlahnya mengikuti seberapa banyak lemak di tubuh Anda.

Studi ini menemukannya melalui pindaian MRI (magnetic resonance imaging) pada 67 orang yang sama-sama mengidap obesitas dan obstructive sleep apnea sebelum dan setelah turun berat badan. Terlihat bahwa penurunan berat badan mengubah jaringan saluran napas atas dan mengurangi keparahan sleep apnea.

"Penemuan ini bisa membantu para peneliti menemukan satu lagi potongan puzzle yang akan mengarahkan eliminasi sleep apnea yang sukses, terutama menemukan solusi tanpa menggunakan mesin CPAP, yang biasa digunakan untuk mengatasi sleep apnea dan banyak tak disukai orang-orang," tulis situs tersebut.

Pada waktu yang sama para dokter juga bekerja pada jejak anatomi dan solusi, ahli teknologi juga mengerjakan solusi lainnya. Mengubah bobot tak selalu menjadi satu-satunya jawaban, karena orang yang berada dalam berat badan ideal juga bisa terkena sleep apnea. Oleh karena itu para peneliti terus menggali apa saja yang bisa membuat kita semua tidur dengan tenang dan sehat tiap malam.



Simak Video "Lebih Baik Tidur dengan Lampu Terang atau Temaram?"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)