Selasa, 21 Jan 2020 05:00 WIB

Madu, Obat Sakit Perut ala Nabi Muhammad SAW yang Terbukti Secara Ilmiah

Rosmha Widiyani - detikHealth
Foto: istimewa/Madu, Obat Sakit Perut ala Nabi Muhammad SAW yang Terbukti Secara Ilmiah
Jakarta - Madu sudah lama digunakan dalam praktik pengobatan berbagai zaman, termasuk saat Nabi Muhammad SAW masih hidup. Ilmu pengetahuan kemudian menyingkap manfaat madu untuk kesehatan.

Khasiat madu as sunnah terungkap dalam salah satu hadist Rasulullah SAW yang diceritakan Ayyas bin Al Walid. Dalam hadist tentang madu ini, seorang pria diceritakan datang kepada Nabi SAW dalam kondisi sakit perut.

حَدَّثَنَا عَيَّاشُ بْنُ الْوَلِيدِ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْأَعْلَى حَدَّثَنَا سَعِيدٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي الْمُتَوَكِّلِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ أَنَّ رَجُلًا أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَخِي يَشْتَكِي بَطْنَهُ فَقَالَ اسْقِهِ عَسَلًا ثُمَّ أَتَى الثَّانِيَةَ فَقَالَ اسْقِهِ عَسَلًا ثُمَّ أَتَاهُ الثَّالِثَةَ فَقَالَ اسْقِهِ عَسَلًا ثُمَّ أَتَاهُ فَقَالَ قَدْ فَعَلْتُ فَقَالَ صَدَقَ اللَّهُ وَكَذَبَ بَطْنُ أَخِيكَ اسْقِهِ عَسَلًا فَسَقَاهُ فَبَرَأَ

Artinya: "Telah menceritakan kepada kami Ayyas bin Al Walid telah menceritakan kepada kami Abdul A'la telah menceritakan kepada kami Sa'id dari Qatadah dari Abu Al Mutawakkil dari Abu Sa'id bahwa seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sambil berkata; "Saudaraku sedang menderita sakit perut." Beliau bersabda: "Minumilah madu." Kemudian laki-laki itu datang kedua kalinya, lalu beliau tetap bersabda: "Minumilah madu." Kemudian laki-laki itu datang yang ketiga kalinya, beliau bersabda: "Minumilah madu." Kemudian dia datang lagi sambil berkata; "Aku telah melakukannya." Maka beliau bersabda: "Maha benar Allah, dan perut saudaramulah yang berdusta, berilah minum madu." Lalu ia pun meminuminya madu dan akhirnya sembuh. (HR Bukhari).


Dikutip dari healthline, manfaat madu sempat diriset dalam studi berjudul Honey - A nutrient with medicinal property in reflux oesophagitis. Riset dilakukan pada 2013 yang dipublikasikan melalui Indian Journal of Medical Research.

Dalam penelitian tersebut, madu membantu meredakan rasa tak nyaman akibat gangguan asam lambung. Gangguan terjadi akibat produksi asam yang tak diimbangi pola makan terjadwal dan cukup. Akibatnya asam lambung naik dan mengganggu fungsi organ yang lain.

Riset tersebut dilakukan Mahantayya V Math, dkk, dari MGM Medical College, Kamothe, Navi Mumbai, India. Dalam studi tersebut, ada 4 manfaat yang memungkinkan madu bisa meredakan gejala gangguan asam lambung.


1. Madu kaya antioksidan

Madu punya berbagai antioksidan dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Perlindungan madu mencegah organ tubuh cepat rusak akibat gangguan asam lambung.

2. Mengurangi radang

Madu mengurangi risiko terjadinya radang akibat serangan gangguan asam lambung. Perlindungan ini bahkan sampai kerongkongan, yang bisa mengalami penurunan fungsi akibat asam lambung.

3. Tekstur madu melindungi selaput lendir

Madu memiliki tekstur yang bisa melindungi selaput lendir kerongkongan. Hal ini memungkinkan perlindungan yang lebih baik dair gangguan akibat kelebihan produksi asam lambung.

4. Bisa digunakan bersama pengobatan alami yang lain

Madu bisa dikonsumsi bersama air hangat atau seduhan teh, misal chamomile tea. Selain mengurangi rasa tidak nyaman akibat gangguan asam lambung, teh chamomile juga membantu lekas tidur. Manfaat lainnya adalah antiradang sehingga mengurangi rasa sakit.


Manfaat madu memang tidak diragukan lagi, sayangnya riset tidak menyebutkan cara konsumsi yang disarankan untuk gangguan asam lambung. Karena itu sangat disarankan segera ke dokter, saat konsumsi madu tak juga meredakan gejala asam lambung.

Saat konsultasi ke dokter, pastikan menceritakan riwayat minum madu ketika merasakan gangguan produksi asam lambung. Selain itu, sebaiknya bertanya pada dokter lebih dulu jika ingin meneruskan minum madu selama pengobatan.

Simak Video "Dukungan yang Bisa Dilakukan agar Pasien Corona Tak Takut Stigma"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)