Selasa, 21 Jan 2020 05:30 WIB

Sama-sama Gemparkan China, Apa Sih Bedanya Pneumonia dan Virus Corona?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Virus corona memicu wabah pneumonia (Foto: Getty Images/AFP/N. Celis)
Jakarta - Tak hanya di Wuhan, China, penyakit 'misterius' mirip pneumonia juga telah menyebar ke negara lain. Beberapa yang sudah terkonfirmasi antara lain Thailand, Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Vietnam, dan Singapura.

Penyakit mirip pneumonia ini telah terjangkit di Wuhan sejak Desember 2019 lalu. Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, penyakit yang telah merenggut nyawa 2 orang ini disebabkan oleh virus corona jenis baru.

Lalu, apa bedanya pneumonia dan virus corona?

Perlu diketahui bahwa pneumonia adalah penyakit infeksi yang menyerang jaringan di paru-paru. Pneumonia biasanya disebabkan oleh berbagai macam organisme, seperti virus, bakteri atau jamur. Penyebab pneumonia paling umum adalah bakteri Streptococcus pneumoniae dan Mycoplasma pneumoniae.

Kemudian untuk penularan, dikutip dari WebMD, pneumonia sangat mudah ditularkan antar-manusia lewat udara seperti saat batuk dan bersin. Virus dan bakteri penyebab pneumonia dapat dengan mudah keluar melalui hidung atau mulut kemudian menginfeksi tubuh yang lain.



Sementara itu, virus corona atau coronavirus adalah virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan seperti flu biasa hingga parah seperti SARS atau Severe Acute Respiratory Syndrome dan MERS-CoV.

Namun virus yang menjadi wabah di China berbeda dengan SARS dan MERS-CoV. Disebutkan bahwa virus corona Wuhan adalah jenis baru.

Infeksi virus corona dapat menyebabkan demam, batuk, dan sesak napas sehingga sangat berbahaya pada lansia atau orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah atau sedang terinfeksi penyakit lain. Dalam kasus yang parah, infeksi ini dapat menyebabkan gagal pernapasan dan terkadang gagal ginjal.

Beberapa virus corona ditularkan dengan mudah dari manusia ke manusia dan ada juga yang tidak. Untuk kasus yang terjadi di Wuhan, China, sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab penularan virus tersebut.



Simak Video "Kemenkes Pastikan Alat Pendeteksi Virus Corona Miliknya Sudah Canggih"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)