Selasa, 21 Jan 2020 08:38 WIB

Sterilkan Pasar Hewan dari Antraks, Gunungkidul Siapkan Dipping Formalin

Pradito Rida Pertana - detikHealth
Celupan formalin dipakai untuk mensterilkan kendaraan dari bakteri antraks. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikHealth)
Gunungkidul - Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) berencana untuk membuat dipping (tempat pencelupan) formalin di Pasar Hewan. Dipping tersebut berfungsi mensterilkan kendaraan pengangkut ternak dari bakteri antraks.

"Kami sudah menyusun anggaran untuk dipping (pencelupan) di Pasar Hewan. Jadi kalau truk masuk nanti ada semprotan formalin, seperti digrujuk (disiram) itu," Kepala DPP Kabupaten Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto saat ditemui di Kantornya, Jalan Taman Bakti, Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Senin (20/1/2020).


Bambang melanjutkan, susunan anggaran untuk dipping itu nantinya diajukan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul. Menurutnya, ada dua Pasar Hewan yang akan memiliki fasilitas tersebut.

"Rencananya dipping itu akan dibuat di (Pasar Hewan) Semanu dan (Pasar Hewan) Siyono," imbuhnya.

Menurut Bambang, perlunya pembuatan dipping untuk mengurangi penyebaran bakteri antraks di Pasar Hewan. Mengingat penyebaran antraks berasal dari hewan ternak.

"Jadi dipping ini kami rasa perlu untuk mengurangi risiko teman-teman (penjual hewan ternak di Pasar Hewan) dari antraks," ujarnya.

Diketahui bersama, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul melaksanakan razia terhadap hewan ternak yang akan dijual di Pasar Hewan Munggi, Kecamatan Semanu. Hasilnya, ada 3 mobil pengangkut ternak yang terjaring razia.


Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ikatan Dokter Anak Sarankan Sekolah Ditutup Sampai Desember 2020"
[Gambas:Video 20detik]