Selasa, 21 Jan 2020 10:29 WIB

Benarkah Kedinginan di Musim Hujan Bisa Membuat Kolesterol Naik?

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta -

Musim hujan di bulan Januari tidak hanya berisiko terhadap penyebaran virus seperti batuk atau flu saja, disebut-sebut bisa menyebabkan kolesterol meningkat hingga serangan jantung atau stroke, benarkah demikian?

Sebuah penelitian dari State University of Campinas di Brasil menyebutkan pada musim dingin, seseorang harus lebih berhati-hati dengan tingkat kolesterolnya. Sebab kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah akan meningkat pada musim dingin dan berkurang ketika cuaca menjadi lebih hangat.

"Di musim dingin, orang akan mengonsumsi lebih banyak kalori dan makan-makanan berlemak, hal itu bisa berdampak pada kolesterol jahat mereka," ujar pemimpin penelitian dari State University of Campinas di Brasil dr Filipe Moura dilansir dari Healthday, Selasa (21/1/2020)

Moura juga mengatakan bahwa perubahan kadar kolesterol ini akan jauh lebih ekstrem pada orang-orang yang tinggal di Amerika Serikat, Eropa atau wilayah negara lain yang memiliki perubahan iklim yang lebih besar antara musim dingin dan musim panas.

Sementara itu, Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur menuturkan perubahan kadar kolesterol dalam darah tersebut, mungkin menjadi salah satu faktor mengapa seseorang lebih berisiko terhadap serangan jantung atau stroke di musim dingin.

"Tetapi perubahan musim di Indonesia tidak akan terlalu berpengaruh terhadap kondisi tersebut dikarenakan perbedaan suhu yang tidak terlalu signifikan," terangnya.

Dia menuturkan di Indonesia hanya terdapat dua musim yakni hujan dan panas sehingga tidak ada perlakuan khusus yang dilakukan pada musim hujan ini. Meskipun suhu saat musim hujan ini juga cukup dingin.

"Tapi yang perlu dan tetap dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol adalah menjaga pola makan yang sehat khususnya mengurangi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans, serta perbanyak konsumsi serat, dan olahraga," jelasnya.

Selain itu, sebagai alternatif, untuk menurunkan kadar kolesterol jahat saat musim dingin bisa juga diimbangi dengan Konsumsi Nutrive Benecol 2x sehari setelah makan utama secara rutin 2-3 minggu. Ini terbukti secara klinis menurunkan 7-10% kadar kolesterol jahat.





Simak Video "Makan Gorengan Berlebihan Bisa Bikin Kulit Cepat Tua Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)