Selasa, 21 Jan 2020 12:41 WIB

Raja Keraton Agung Sejagat Ngaku Halu, Ini Penjelasan Ahli

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Raja Keraton Agung Sejagat. (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Jakarta - 'Raja' Keraton Agung Sejagat, Toto Santoso telah mengakui kegiatannya yang terkait dengan Keraton Agung Sejagat hanya khayalan alias halu. Dia kini juga menyampaikan permintaan maaf.

"Saya mohon maaf," ujar Toto kepada wartawan di ruang Dir Krimum Polda Jateng, Semarang, Selasa (21/1/2020).

Psikiater dr Lahargo Kembaren, SpKJ, dari RS Siloam Bogor pernah menjelaskan halusinasi adalah gangguan persepsi pada panca indra.

"Mendengar suara bisikan, melihat bayangan, mencium bau-bauan, merasa ada sesuatu di kulit dan di lidah, yang semuanya tidak ada sumbernya," jelasnya saat dihubungi detikcom beberapa waktu lalu.

Halusinasi dapat dibagi menjadi beberapa jenis, berikut beberapa contoh halusinasi seperti dikutip dari Healthline:

1. Halusinasi visual
Halusinasi visual ditandai dengan melihat hal-hal yang sebenarnya tidak ada. Halusinasi ini dapat berupa benda, pola visual, orang, atau cahaya.

Misalnya, kamu mungkin melihat seseorang yang tidak ada di ruangan atau lampu berkedip yang tidak bisa dilihat orang lain.

2. Halusinasi penciuman
Halusinasi penciuman melibatkan indra penciumanmu. Kamu mungkin mencium bau yang tidak enak ketika bangun di tengah malam atau kalau tubuh berbau tidak sedap tiba-tiba.

Jenis halusinasi ini juga bisa termasuk aroma yang menyenangkan, seperti aroma bunga.



3. Halusinasi perasa
Halusinasi perasa mirip dengan halusinasi penciuman, tetapi halusinasi ini melibatkan rasa bukan bau.

Biasanya orang-orang bisa merasa hal yang aneh atau tidak menyenangkan di mulutnya. Sebagai contoh pada pasien epilepsi mungkin bisa merasakan metal di lidah.

4. Halusinasi pendengaran
Halusinasi pendengaran adalah jenis halusinasi yang paling umum. Kamu mungkin mendengar seseorang berbicara kepadamu, atau menyuruh kamu melakukan hal-hal tertentu. Suara itu mungkin terdengar marah, seperti sedang mengobrol, atau hal-hal lainnya.

Contoh lain dari jenis halusinasi ini termasuk suara pendengaran, seperti mendengar seseorang berjalan di loteng.

5. Halusinasi sentuhan
Halusinasi ini melibatkan perasaan sentuhan atau gerakan di tubuh kamu. Misalnya, kamu mungkin merasa bahwa serangga merayap di kulitmu, atau organ dalam lain sedang bergerak. Kamu mungkin juga merasakan sentuhan dari tangan seseorang di tubuhmu.



Simak Video "Ini Lho Cara Bedakan Masker Bedah Asli atau Palsu"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)