Rabu, 22 Jan 2020 08:32 WIB

Sudah Yakin Tidurmu Berkualitas? Yuk Cek di Sini

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sudah yakin tidurmu nyenyak? (Foto: iStock)
Jakarta - Kualitas tidur yang baik memang jadi dambaan setiap orang. Tidur selama 7 jam semalam pun bukan jaminan tidurmu nyenyak dan berkualitas.

Lalu bagaimana cara mengetahui tidur yang berkualitas?

Dikutip dari Medical News Today, sebuah studi yang diterbitkan dalam Sleep Health of the National Foundation pada tahun 2017 menunjukkan indikator-indikator yang menandakan tidur kamu berkualitas.

1. Hanya butuh waktu 30 menit atau kurang untuk kamu bisa tidur.

2. Setidaknya 85 persen waktu yang kamu habiskan di atas kasur, digunakan untuk tidur.

3. Tidak terbangun lebih dari sekali dan tetap terlelap setelah tidur lebih dari lima menit setiap malam.

4. Ketika bangun pagi, kamu hanya membutuhkan waktu kurang dari 20 menit agar tubuh terasa segar kembali setelah terbangun.



Indikator-indikator ini pun telah disetujui oleh berbagai macam organisasi kesehatan seperti American Academy of Neurology, Society for Research of Human Development, dan Society for Women's Health Research.

"Metrik baru ini ditunjukkan untuk membantu orang-orang agar lebih memahami seperti apa kualitas tidur yang mereka rasakan secara keseluruhan," kata David Cloud, CEO dari National Sleep Foundation.

Walaupun indikator ini telah disetujui oleh berbagai macam organisasi kesehatan. Kalau kamu tetap merasa lelah ketika bangun tidur, maka kamu perlu berkonsultasi ke dokter agar permasalahan tidurmu bisa cepat teratasi dengan baik.



Simak Video "Tips Mengendalikan Asma di Masa New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)