Rabu, 22 Jan 2020 10:30 WIB

Rajin Bersihkan Earphone Kalau Tidak Ingin Jadi Sarang Kuman

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jangan lupa bersihkan earphone agar tak jadi sarang kuman. (Foto: iStock)
Jakarta - Untuk mengisi waktu luang, sebagian orang biasanya mendengarkan musik atau sekedar bermain ponsel. Tak hanya ponsel, earphone juga pasti tidak ketinggalan.

Menurut para ahli, penggunaan earphone bisa meningkatkan jumlah bakteri di telinga sebanyak 700 kali. Sebuah studi juga mengatakan bahwa perangkat ini bisa menampung hingga 119.186 bakteri. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan yang biasa ditemukan di talenan dapur.

Dengan menumpuknya kotoran tersebut bisa meningkatkan risiko gangguan pendengaran dan tinitus. Gangguan ini akan menyebabkan bunyi dering yang nyaring di telinga. Bakteri dari kotoran telinga juga bisa menyebabkan pembengkakan, iritasi, dan infeksi.



Agar terhindar dari bakteri, usahakan earphone tidak dipakai atau dipinjam oleh orang lain. Ini mencegah berpindahnya bakteri dari satu telinga ke telinga orang lainnya.

Dikutip dari Cnet, akan lebih baik jika earphone rutin untuk dibersihkan. Caranya cukup sederhana, bisa menggunakan cotton bud dengan tambahan alkohol. Bersihkan karet earphone dengan perlahan dan rutin seminggu 2 kali.

Jika lubang di earphone kecil, bisa gunakan tusuk gigi tentunya dengan cairan alkohol juga. Tunggu hingga kering sebelum memakainya, kurang lebih selama 1 menit.



Simak Video "Bersihkan Telinga Pakai Cotton Bud Ternyata Tidak Tepat"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)