Rabu, 22 Jan 2020 11:00 WIB

Tetap Sehat Jelang Puncak Musim Hujan, Bagaimana Caranya?

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Mengawali tahun 2020, banjir melanda Jakarta dan sekitarnya akibat curah hujan yang tinggi. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahkan menyebutkan curah hujan tersebut merupakan yang paling ekstrem sepanjang sejarah.

Berdasarkan perkiraan BMKG puncak musim hujan tahun 2020 terjadi pada Februari-Maret mendatang. Meskipun musim hujan bukan hal baru bagi kita yang tinggal di negara dua musim, tidak ada salahnya untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan fit pada puncak musim hujan ini.

Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat.


Kurangi Makanan Cepat Saji

Intensitas cuaca yang dingin membuat tubuh membutuhkan banyak asupan serat mineral dan nutrisi, untuk menghangatkan badan hingga menjaga daya tahan tubuh tetap fit. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi jajanan dan makanan cepat saji yang kurang menyehatkan agar energi terjaga dan tubuh tetap sehat.

Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Bibit penyakit saat puncak musim hujan ini disebabkan oleh virus dan bakteri. Tak heran pada musim ini banyak orang terserang demam flu dan batuk. Padahal sebaran penyakit ini bisa dicegah dengan cara sederhana yakni menjaga kebersihan seperti selalu mencuci tangan sebelum makan, tidak menumpuk sampah dan selalu membersihkan genangan air, untuk antisipasi jadi sarang nyamuk.

Tetap Lakukan Olahraga

Selain menjaga kebersihan dan asupan makanan yang sehat, olahraga memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh di puncak musim hujan ini. Jika di luar sedang turun hujan, anda bisa melakukan olahraga di rumah pada pagi atau sore hari. Ini akan memungkinkan sel-sel dan zat-zat dari sistem kekebalan tubuh bergerak bebas dan melakukan pekerjaan mereka secara efisien.


Tingkatkan Asupan Vitamin C

Selain itu, Anda dapat menjaga tubuh tetap sehat dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan terbaik untuk daya tahan tubuh. Namun, di musim hujan ini, untuk bantu jaga kesehatan, pastinya perlu yang lebih dari vitamin C biasa, apalagi untuk Anda yang aktif. Anda dapat memilih Blackmores, brand nomor 1 di Australia. Blackmores Bio C dengan Double C-Formula nggak gampang sakit.

Dilapisi dengan mineral askorbat sehingga aman di lambung. Blackmores Bio C 1000 mg yang mengandung Citrus Bioflavonoid untuk meningkatkan kinerja vitamin C serta antioksidan alami (rutin, hesperidin, ekstrak rosehips, dan acerola). Nggak ada worry, jadi happy beraktivitas.

Simak Video "Apakah Kerokan Dapat Menyembuhkan Masuk Angin?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)