Rabu, 22 Jan 2020 16:07 WIB

Hati-hati Ini Bahaya Masak Daging Campur Obat Sakit Kepala Biar Empuk

Firdaus Anwar - detikHealth
Obat sakit kepala biasanya mengandung parasetamol. (Foto: iStock)
Jakarta -

Di media sosial viral soal kebiasaan memakai obat sakit kepala sebagai 'bumbu' masakan. Disebutkan bahwa obat yang sebagian besar mengandung parasetamol ini bisa membuat daging jadi cepat empuk.

"Ada ga sih disini yang rebus daging pakai obat sakit kepala biar cepat empuk dagingnya?" tulis akun Twitter @FOOD*** memicu perbincangan.

Terkait hal tersebut kebiasaan memakai obat untuk masak daging tampaknya juga menjadi kekhawatiran di luar negeri. Badan Pengawas Obat dan Makanan Nigeria (NAFDAC) contohnya baru-baru ini mengeluarkan edaran agar tidak memakai paracetamol untuk masakan.

NAFDAC menyebut tren memakai obat untuk membuat daging empuk berbahaya karena dapat membuat makanan jadi beracun dan tidak layak dimakan.

"Saat digunakan untuk memasak, parasetamol akan dipecah (dihidrolisis) menjadi zat beracun. Zat ini pada akhirnya bisa merusak hati dan beberapa organ lain di dalam tubuh," tulis NAFDAC di situs resminya.

"Mengonsumsi makanan yang disiapkan dengan parasetamol secara ilegal bisa menimbulkan konsekuensi kesehatan serius mulai dari kerusakan hati, gagal ginjal, hingga kematian," lanjutnya.

Dikutip dari WebMD, parasetamol memang diketahui memiliki efek samping bisa mengganggu fungsi hati.

Ahli gizi komunitas dr Tan Shot Yen berkomentar sangat tidak rasional menggunakan obat sakit kepala untuk mengempukkan daging. Ia menekankan dalam obat sakit kepala ada banyak bahan kimia yang bisa masuk ke dalam daging.

Beberapa produk obat di pasaran yang mengandung parasetamol dijelaskan dr Tan kadang dapat mengandung bahan lain seperti dextromethorphan yang biasanya dipakai untuk meringankan gejala flu.

"Obat flu ya buat flu. Salah satu yang ada dalam obat flu itu kan DMP, dextromethorphan," katanya saat dihubungi detikcom, Rabu (22/1/2020).

Mengutip Everyday Health, efek samping dextromethorphan adalah muntah-muntah, mengantuk, perasaan mual, sembelit, diare, dan gatal-gatal.



Simak Video "Viral Sinyal Tangan untuk Lapor Kekerasan, Ini Kata Komnas Perempuan"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)