Rabu, 22 Jan 2020 22:25 WIB

Masak Daging Campur Obat Sakit Kepala Biar Empuk Juga Ngetren di Negara Ini

Firdaus Anwar - detikHealth
Masak daging pakai obat sakit kepala biar empuk (Foto: Istock)
Jakarta -

Di media sosial viral cerita netizen memakai obat sakit kepala untuk membuat masakan daging empuk. Unggahan pengguna Twitter @FOOD*** memicu perbincangan dengan beberapa netizen ramai mengaku punya pengalaman serupa.

"itu ada, di lingkunganku terjadi dan dipercaya walau keluargaku ga melakukannya," komentar salah satu netizen.

Terkait hal tersebut ternyata praktik memakai obat sakit kepala untuk masak daging tampaknya juga menjadi kekhawatiran di luar negeri. Beberapa media di Afrika Barat melaporkan warga memakai obat berisi parasetamol ini sebagai 'bumbu' masakan.

Dikutip dari harian Leadership, obat parasetamol dipakai oleh rumah tangga hingga restoran demi memangkas biaya masak karena daging jadi cepat matang.

Menanggapinya Badan Pengawas Obat dan Makanan Nigeria (NAFDAC) sampai mengeluarkan peringatan. NAFDAC menyebut parasetamol bukan bahan tambahan pangan dan berisiko menimbulkan masalah kesehatan bila masyarakat nekat mengonsumsi masakan.

"Saat digunakan untuk memasak, parasetamol akan dipecah (dihidrolisis) menjadi zat beracun. Zat ini pada akhirnya bisa merusak hati dan beberapa organ lain di dalam tubuh," tulis NAFDAC.

"Mengonsumsi makanan yang disiapkan dengan parasetamol secara ilegal bisa menimbulkan konsekuensi kesehatan serius mulai dari kerusakan hati, gagal ginjal, hingga kematian," lanjutnya.



Simak Video "Daftar 54 Hoax Mengenai Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)