Kamis, 23 Jan 2020 06:30 WIB

5 Penyebab Amandel Bengkak, Waspadai dari Sekarang!

Niken Widya Yunita - detikHealth
Foto: iStock/5 Penyebab Amandel Bengkak, Waspadai dari Sekarang!
Jakarta -

Amandel berfungsi untuk mendukung sistem imun tubuh dengan melindungi tubuh dari infeksi yang akan masuk menyerang tubuh melalui mulut. Ketika terinfeksi, maka akan menyebabkan amandel bengkak.

Amandel bengkak dapat menimbulkan rasa sakit. Amandel ini lebih sering terjadi pada anak-anak.

Berikut penyebab amandel bengkak:

1. Asam Lambung


Suatu penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Otolaryngology mengungkapkan, penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) dapat memicu terjadinya amandel bengkak. Kondisi ini bisa terjadi karena asam lambung memberi dampak yang sama dengan penyebab penyakit lain terhadap amandel. Pantang makan makanan pedas dan kafein.


2. Virus


Ada beberapa jenis virus yang dapat memicu terjadinya amandel seperti influenza, adenovirus, Epstein-Barr, dan herpes simplex. Kalau amandel bengkak yang disebabkan oleh virus biasa akan hilang sekitar 10 hari. Konsumsilah banyak cairan dan kumur-kumur dengan obat kumur. Untuk penanganan pada anak, si kecil mengonsumsi makanan bergizi dan banyak minum untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.


3. Kebiasaan Merokok


Merokok dapat menyebabkan pembesaran hingga kanker pada amandel. Hal ini juga diperkuat dengan penelitian yang dilakukan di Colorado. Kondisi ini diprediksi terjadi sebagai reaksi dari amandel terhadap reaksi kimia yang terkandung dalam rokok.


4. Radang Tenggorokan


Radang tenggorokan adalah infeksi bakteri yang dapat menyebabkan pembengkakan amandel dan peradangan. Ciri-ciri amandel bengkak karena radang tenggorokan ini yakni kamu akan sulit menelan, sulit membuka mulut, dan mengalami bau mulut. Segera obati agar infeksi tidak parah.


Untuk penanganan pada anak, pergilah ke dokter dan mengonsumsi antibiotik sesuai dosis yang dianjurkan. Dokter juga dapat menyarankan operasi pengangkatan amandel, tapi hal itu dilakukan bila infeksi sangat parah, sering kambuh, atau menimbulkan gangguan pernapasan pada anak.


5. Alergi


Alergi, debu, dan polusi dapat menyebabkan iritasi dan peradangan di tenggorokan. Hal ini dapat memicu peradangan di saluran pernapasan, paru-paru, dan kerongkongan, yang menyebabkan amandel bengkak.



Simak Video "5 Fakta Skoliosis, Kelainan Tulang yang Diidap Jessica Mila Sejak SMP"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)