Kamis, 23 Jan 2020 14:06 WIB

Sering Merasa Gagal Fokus? Kenali 5 Tanda Kamu Kurang Minum Air Putih

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Minum air putih agar tidak dehidrasi. (Foto: iStock)
Jakarta -

Sibuk menjalani rutinitas keseharian seringkali membuat lupa untuk meminum air putih. meski kerap dianggap sepele, air putih nyatanya memiliki kandungan dan fungsi yang penting untuk tubuh.

Tubuh manusia sering disebut-sebut 70 persennya terdiri dari air. Oleh sebab itu ketika tubuh kekurangan air, maka dampaknya pun bisa langsung dirasakan.

Dikutip dari Times of India, ini adalah 5 tanda kamu kurang minum air putih.

1. Sakit kepala
Ketika tubuh mengalami dehidrasi, otak akan berkontraksi atau menyusut karena kehilangan cairan. Sehingga akan menyebabkan rasa sakit di kepala akibat dehidrasi.

2. Gagal fokus
90 persen otak manusia mengandung air. Ketika mengalami dehidrasi akibat kurang minum air putih, maka otak akan bereaksi dan mempengaruhi suasana hati dan konsentrasi kamu.

3. Mulut kering dan bau
Saat dehidrasi produksi air liur di mulut yang berfungsi sebagai antibakteri dapat berkurang. Dampaknya mulut akan terasa kering dan banyak bakteri berkembang sehingga menyebabkan bau mulut.

4. Terasa lapar
Kadang perasaan lapar bisa datang secara mendadak. Minumlah segelas air sebelum memakan sesuatu. Sebab tubuh sering memberikan peringatan palsu seperti perasaan lapar, padahal sebenarnya kamu haus.

5. Lesu dan lelah
Ketika kamu merasa lesu dan lelah, itu bisa jadi faktor dehidrasi. Kurangnya asupan air bisa menyebabkan sirkulasi oksigen di dalam tubuh tidak stabil, dan membuat kamu menjadi lelah dan timbul rasa malas.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)