Kamis, 23 Jan 2020 16:40 WIB

Menkes Terawan Tegaskan Tidak Ada Virus Corona di Wisma BRI 2

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Suasana Wisma BRI 2 pasca heboh Virus Corona (Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth)
Jakarta -

Virus corona sempat dikabarkan sudah masuk Indonesia. Beredar isu seorang pekerja Huawei di Gedung BRI 2, Jalan Sudirman, Benhil, Jakarta Selatan, terjangkit novel coronavirus (nCov) atau virus corona.

Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto memastikan saat ini tidak ada laporan mengenai isu tersebut.

"Tidak ada, jadi sejauh ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama-sama seluruh aparat negara TNI Polri kita sudah menyiapkan segala simulasi ya. Termasuk kalau Kemenkes sudah melakukan lakukan jauh-jauh hari termasuk melakukan pendeteksian di seluruh pintu masuk, 135 pintu masuk darat laut negara, kita pasang 195 termal scanner, dan kesiapan 24 jam semua aparat kementerian kesehatan untuk menyikapi ini," jelasnya saat ditemui detikcom di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (22/1/2020).

Meski begitu, jika nCoV atau virus corona masuk ke Indonesia masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak panik.

"Jadi artinya apa, ya biasa saja, kalau ada ya nanti kita tangani, kita isolasi, sehingga nanti bisa sembuh melewati masa inkubasi dsb, yang paling penting adalah kita semua sudah menyiapkan segala simulasinya. Jadi nyaman. Kita sendiri sudah siap, sudah kita pantau, sudah kita cek dan ricek dan kita doakan, orang boleh masuk, penyakitnya jangan masuk," pungkasnya.



Simak Video "Daftar 13 Negara yang Terjangkit Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)