Jumat, 24 Jan 2020 08:36 WIB

Sudah Pakai Krim Pemutih, Seperti Apa Sih Hasil yang Sehat?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Krim pemutih kulit bisa mencerahkan wajah. (Foto: iStock)
Jakarta -

Umumnya, pemakaian krim pemutih memang bertujuan untuk memutihkan kulit. Hasil yang didapatkan pasti kulit akan jauh lebih putih dari sebelum menggunakannya. Tapi, hasil seperti apa sih yang bisa dikatakan sehat?

Aesthetic consultant dari Ekle's Clinic, dr Eklendro Senduk D, AAAM, MKes, mengatakan hasil yang didapatkan bukan hanya putih semata. Hasil dari krim pemutih yang normal, biasanya hanya memaksimalkan atau mencerahkan kulit.

"Hasilnya itu bukan putih saja, tapi justru memaksimalkan atau mencerahkan kulit kita. Selain itu, biasanya hasilnya kalo kita bilang tuh pink merona. Tentu sehat, karena pembuluh darahnya masih bekerja normal," ungkapnya saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020).

Krim pemutih yang sehat biasanya akan terlihat hasilnya setelah 2-4 minggu setelah pemakaian. Alasannya karena kulit membutuhkan waktu 28 hari lebih untuk bisa melakukan regenerasi secara normal.

Selain itu, dr Eklendro menegaskan jika hasil yang didapat putih pucat itu harus diwaspadai. Menurutnya bisa jadi ada bahan berbahaya yang terkandung di dalam krim yang dipakai, salah satunya merkuri.

"Kalau krim yang dipakai itu dalam 3-7 hari sudah terlihat putih pucat, nah hati-hati. Bisa jadi mengandung merkuri," ujarnya.

"Dan biasanya hasil yang putih pucat kayak porselen itu hanya tahan 3-6 bulan saja. Tapi, setelahnya fleknya semakin kelihatan. Kalau berjerawat, akan semakin banyak sampai bentol-bentol," imbuhnya.

Sudah Pakai Krim Pemutih, Seperti Apa Sih Hasil yang Sehat?


Simak Video "Waspada Kandungan 2 Bahan Berbahaya di Skincare"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)