Minggu, 26 Jan 2020 09:59 WIB

5 Makanan Pemicu Sakit Jantung yang Nggak Pernah Kamu Sangka

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta -

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling besar menyumbang angka kematian di dunia. Menurut World Health Organization (WHO), penyakit jantung memakan korban sekitar 7,9 juta jiwa atau setara 31 persen kematian di dunia.

WHO juga menyebutkan bahwa kebanyakan kasus penyakit jantung sebenarnya bisa dicegah, karena berhubungan erat dengan gaya hidup. Gaya hidup tidak sehat seperti makan makanan yang tidak menyehatkan menjadi salah satu pemicu sakit jantung.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai makanan sehari-hari yang tak akan pernah kamu sangka menjadi faktor risiko penyakit jantung.

Popcorn Mentega
Popcorn sebenarnya memiliki kandungan serat dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Hal ini membuat popcorn menjadi camilan yang lebih sehat dibandingkan makanan ringan lainnya. Namun, cara memasak popcorn yang dicampur dengan mentega dan garam akan menambah asupan lemak dan natium. Apabila dikonsumsi berlebih lemak itu akan menumpuk di dalam tubuh.

Gorengan
Gorengan jadi salah satu makanan yang berpotensi menimbulkan masalha kesehatan, seperti penyakit jantung. Hal ini diakibatkan oleh metode menggoreng konvensional yang akan menciptakan lemak trans. Lemak trans merupakan jenis lemak yang diketahui dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL).

Daging Olahan
Bakon dan sosis merupakan salah satu contoh daging olahan. Daging olahan ini memiliki lemak jenuh yang sangat tinggi. Meskipun memilih yang rendah lemak sekalipun, biasanya daging olahan akan tinggi garam.

Permen & Minuman Manis
Banyak orang yang mengetahui bahwa lemak adalah penyebab penyakit jantung. Namun, belum banyak yang tahu bahwa makanan yang memiliki kadar gula tinggi juga bisa menyebabkan obesitas, inflamasi, kolesterol tinggi dan diabetes, yang menjadi faktor risiko penyakit jantung.

Minyak Kelapa
Minyak kelapa sangat populer karena dapat dijadikan produk perawatan rambut hingga pelembab kulit. Tetapi ternyata minyak kelapa dapat berpengaruh buruk bagi jantung. Menurut Harvard Medical School, minyak kelapa mengandung 90 persen lemak jenuh yang tidak baik bagi jantung.

Kolesterol tinggi dan diabetes yang disebabkan oleh makanan-makanan di atas menjadi faktor risiko penyakit jantung. Agar kamu terhindar dari risiko penyakit jantung, makanlah makanan yang banyak mengandung serat untuk turunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Lalu apa bahan alami penurun kolesterol?

Bahan alami yang bisa menurunkan kadar LDL yaitu makanan berserat yang mengandung beta glucan dan inulin. Jenis serat pangan ini sangat penting untuk membantu menurunkan kadar LDL.

Nestle ACTICOR adalah salah satu minuman yang mengandung beta glucan dan inulin. Minuman ini sudah teruji klinis mengandung beta glucan dan inulin yang ampuh turunkan kadar kolesterol jahat.

Nestle ACTICOR terbuat dari bahan alami yang rendah lemak dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa yang bisa kamu coba, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana.

Tak hanya itu, Nestle ACTICOR juga rendah lemak dan merupakan sumber vitamin B1 dan B2. Nestle ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa (lebih dari 18 tahun) yang peduli akan kesehatan tubuh.

Nestle ACTICOR bisa dikonsumsi 2 kali sehari setelah makan dan bisa juga dikombinasikan dengan es batu atau diminum dalam kondisi dingin.

Dengan Nestle ACTICOR, kamu bisa menurunkan kadar LDL dalam tubuh sehingga bisa mengurangi risiko terkena penyakit kolesterol yang jadi pemicu utama penyakit jantung. Lakukan gaya hidup sehat sekarang juga dan minum Nestle ACTICOR setiap hari.

5 Makanan Pemicu Sakit Jantung yang Nggak Pernah Kamu Sangka
(ega/ega)