Minggu, 26 Jan 2020 10:03 WIB

Dikebut! China Bangun RS Khusus Virus Corona, Target 6 Hari Selesai

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pemerintah China bangun RS khusus virus corona. (Foto: STR/AFP)
Jakarta -

Merespons wabah virus corona di Wuhan, China, pemerintah setempat bergegas membangun rumah sakit yang ditargetkan selesai dalam waktu enam hari. Mengutip BBC, rumah sakit di kota Wuhan telah dibanjiri dengan penduduk yang khawatir dan apotek-apotek yang kehabisan obat.

Menurut media lokal setempat, pemerintah akan membangun rumah sakit baru yang berisi sekitar 1.000 tempat tidur. Saat ini ada 830 kasus yang terkonfirmasi di China dan 41 pasien dinyatakan meninggal dunia.

Meskipun skala waktunya ambisius, China beberapa kali telah membangun rumah sakit dalam waktu singkat merespon krisis kesehatan besar. Pada tahun 2003, selama wabah SARS, 7.000 pekerja membangun rumah sakit Xiaotangshan di pinggiran utara China dalam waktu seminggu.

"Pada dasarnya ini adalah rumah sakit karantina tempat mereka mengirim orang dengan penyakit menular yang memiliki alat keamanan dan perlindungan," sebut Joan Kaufman, dosen kesehatan global dan kedokteran sosial di Harvard Medical School.

Konstruksi rumah sakit di Wuhan dimulai saat muncul laporan kekurangan tempat tidur di rumah sakit rujukan wabah. Salah satu orang yang mencari perawatan di Kota Wuhan dilaporkan mereka tidak diperkenankan masuk ke dalam rumah sakit karena telah dibanjiri oleh pasien.

Fasilitas kesehatan juga dikabarkan telah kehabisan tempat tidur dan peralatan diagnostik untuk pasien dengan gejala seperti demam.

Dikebut! China Bangun RS Khusus Virus Corona, Target 6 Hari Selesai


Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)