Senin, 27 Jan 2020 19:05 WIB

Satu Lagi Warga Gunungkidul Positif Antraks

Jauh Hari Wawan S - detikHealth
ilustrasi antraks Satu lagi warga Gunungkidul terinfeksi antraks (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Gunungkidul -

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, memastikan satu orang warga Kecamatan Semin positif antraks. Dinkes juga melakukan pemeriksaan terhadap dua warga Kecamatan Saptosari dan Semanu yang suspect antraks.

"Benar (warga kecamatan Semin) positif (antraks)," kata Kepala Dinkes Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawati saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon Senin (27/1/2020).

Dia mengatakan, pasien tersebut menderita antraks pada kulitnya dan sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit Kecamatan Karangmojo. "Namun karena kondisinya sudah membaik, dan sudah diperbolehkan pulang," bebernya.

Kendati demikian, pihaknya tetap melakukan pemantauan terhadap kesehatan warga.

"Kami menterapi juga melakukan cek kontak di sekitarnya surveline lah," kata Dewi.

Warga Kecamatan Semin tersebut positif antraks tersebut memiliki pekerjaan sebagai tukang sembelih hewan. Namun, hingga saat ini dinas belum mengetahui asal bakteri antraks.

"Kami sementara menemukan satu itu ya, jadi kami terus turun ke lapangan mencari siapa yang kontak. Perlu bantuan masyarakat. Kalau menemukan orang yang kontak atau mengalami keluhan untuk segera melaporkan," ucap Dewi.

Dewi mengatakan, pihaknya juga mendapatkan laporan suspect antraks yakni di Kecamatan Saptosari dan Kecamatan Semanu. Namun baru akan ditangani besok pagi.

"Untuk laporan itu, baru besok pagi (Selasa 28/1/2020) (ditangani)," kata Dewi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Manfaat Susu A2 Dibanding Susu Sapi"
[Gambas:Video 20detik]