Selasa, 28 Jan 2020 10:49 WIB

Bagaimana Cara Menghindari Efek Negatif Kopi?

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
budaya minum kopi Foto: iStock
Jakarta -

Minum kopi kini menjadi tren di kalangan anak muda, selain bisa mencegah rasa kantuk, kopi juga bisa meningkatkan mood sebelum melakukan beraktivitas. Tak heran konsumsi kopi di kalangan masyarakat urban pun terus meningkat, apalagi saat musim hujan seperti sekarang. Menyeruput secangkir kopi hangat di pagi hari merupakan kenikmatan yang akan menambah semangat.

Kopi, selain bisa menghangatkan badan, juga bisa membuat fokus kala suasana mager di musim penghujan. Meski begitu patut diperhatikan, terlalu banyak minum kopi ternyata memiliki efek negatif bagi tubuh loh. Kandungan kafein pada kopi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

"Penelitian American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa minum enam cangkir atau lebih kopi sehari dapat berbahaya dan meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 22%," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur kepada detikHealth baru-baru ini.

Oleh karena itu, untuk menghindari efek negatif ini tentunya beberapa cara bisa dilakukan di antaranya menghindari gula dan krim. Gunakan penyeduh berkualitas dan yang paling penting batasi asupan kopi per harinya.

"Tubuh manusia dewasa dapat menerima asupan maksimal kafein sebanyak 400 miligram per hari. Itu setara dengan empat cangkir black coffee. Jadi jika Anda mengonsumsi secangkir kopi pagi, secangkir kopi siang dan disusul kopi sore adalah aman untuk tubuh Anda," ungkap dr Muliaman.

"Tapi tetap harus diingat bahwa ini tidaklah mutlak karena tergantung pada daya tahan tubuh, jenis kopi dan cara menyeduhnya serta material tambahan seperti susu ataupun gula, di mana lifestyle generasi masa kini melakukan ngopi pagi dan sore," imbuhnya.

Namun bagi Anda yang tak terbiasa minum kopi, atau ingin mengurangi jumlah kopi harian, kini ada snack Fitbar. Camilan ini terbuat dari multigrain, gabungan oat Australia, corn flakes, dan rice crispy tentunya praktis dan menyehatkan.

Di samping kandungan serat yang tinggi sekarang ini Fitbar juga ada rasa baru Tiramisu dengan biji kopi asli yang cocok buat kamu baik pecinta kopi maupun yang tidak bisa minum kopi.

(prf/up)