Selasa, 28 Jan 2020 10:51 WIB

Kata Menkes Terawan Soal WNI yang Terjebak Wabah Virus Corona di China

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyebut ada 72 kasus hepatitis A di Depok, Jawa Barat. Tiga orang di antaranya dirawat inap di rumah sakit. Menkes Terawan Agus Putranto (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta -

Merebaknya virus corona ternyata tidak hanya menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat China, tapi para Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di negara tersebut. Para WNI yang tidak bisa kembali ke Indonesia, meminta untuk dievakuasi oleh pemerintah Indonesia.

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mengatakan permintaan tersebut sudah ditangani oleh Kementerian Luar Negeri.

"Itu sudah ditangani Kementerian Luar Negeri. Kan yang jadi leading sector itu Kementerian Luar Negeri, nah Kementerian Kesehatan akan mendukung apa saja yang bisa dilakukan," jelasnya saat ditemui di Lapangan Gedung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jakarta Selatan, Selasa (28/1/2020).

Menurut Menkes Terawan, tindakan yang dilakukan Kemenkes bertujuan agar keputusan atau tindakan apapun yang diambil untuk menyelamatkan WNI di sana akan baik untuk negara.

"Itu dilakukan supaya keputusan yang diambil itu diizinkan oleh pemerintah China dan itu akan baik untuk bangsa dan negara kita," ujarnya.

"Jadi dalam hal ini, peran kita hanya sebagai stakeholder untuk mensuport tindakan tersebut," imbuh Terawan.



Simak Video "Sebut WNI ABK World Dream 'Duta Imunitas Corona', Menkes Dicibir"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)