Selasa, 28 Jan 2020 13:47 WIB

Vietnam Mulai Laporkan Kasus Transmisi Lokal Virus Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
Wabah virus corona telah memakan 80 orang korban tewas. Indonesia mengantisipasi masuknya virus corona dengan pemeriksaan penumpang di sejumlah bandara. Transmisi lokal bisa jadi tanda buruk penyebaran virus corona meluas. (Foto: Antara Foto)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum menetapkan wabah virus corona baru (2019-nCoV) di China sebagai darurat kesehatan global. Alasannya karena belum cukup bukti virus telah menyebar luas karena kasus yang dilaporkan di luar negeri masih terjadi pada pelancong atau orang-orang dari China.

Namun demikian per hari Selasa (28/1/2020), Vietnam mulai melaporkan kasus virus corona karena transmisi lokal. Artinya ada warga negara yang tidak pernah pergi ke China terinfeksi oleh virus.

"Satu kasus saja sudah terlalu banyak. Tapi kami percaya sejauh ini belum ada lagi transmisi antarmanusia di luar China. Kami terus memantau wabah ini," lanjut WHO."Satu kasus karena transmisi antarmanusia dalam keluarga dilaporkan terjadi di Vietnam," tulis WHO dan dikutip pada Selasa (28/1/2020).

Laporan terakhir menyebut sudah ada lebih dari 4.400 kasus virus corona terkonfirmasi dan 107 di antaranya meninggal dunia.

Belum ada vaksin atau obat yang benar-benar terbukti ampuh melawan virus corona sehingga pasien dirawat berdasarkan gejala sampai akhirnya bisa sembuh berkat imunitas tubuh yang baik. Dilaporkan sudah ada 63 pasien yang sembuh.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)