Rabu, 29 Jan 2020 06:30 WIB

Buah Zuriat dan 7 Manfaatnya untuk Kesehatan

Niken Widya Yunita - detikHealth
Young pregnant women with blue dress standing and holding belly Foto: istock/Buah Zuriat dan 7 Manfaatnya untuk Kesehatan
Jakarta -

Buah zuriat terkenal di kalangan jemaah haji dan umrah. Di Arab, buah zuriat dikenal sebagai buah doum.

Buah ini dapat ditemukan di Makkah, dan Madinah, serta tumbuh di negara Mesir, Sudan, Kenya, dan Tanzania. Di Arab, buah ini dijual untuk mengatasi masalah kesuburan pria dan wanita.

Berikut manfaat buah zuriat:

1. Untuk Program Hamil

Buah zuriat dikonsumsi untuk program kehamilan (promil). Pasutri yang sedang menjalani promil dapat mencoba mengonsumsinya. Caranya buah ini dibelah dua kemudian direbus. Air rebusan ini lalu diminum setiap hari. Ada juga yang hanya merebus kulit dan hanya merebus biji. Ada juga yang merebus keduanya. Hasilnya, air rebusan buah Zuriat dapat membuat wanita hamil.

Zuriat dalam bahasa Arab artinya keturunan. Bagi yang memiliki masalah dengan kesuburan rahim, bisa mengonsumsi buah zuriat. Bagi yang menginginkan program hamil anak kembar, konsumsilah buah zuriat kembar. Di pasaran banyak yang menjual buah zuriat kembar.

Ketika minum air buah Zuriat, Nabi Zakaria membaca doa ini:

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهُ ۖ قَالَ رَبِّ هَبْ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Ketika itu Nabi Zakaria berdoa kepada Allah: Wahai Tuhanku! Kurniakanlah kepadaku dari sisiMu zuriat (keturunan) yang baik; sesungguhnya Engkau sentiasa Mendengar (menerima) doa permohonan. (surah ali-imran, ayat 38).

2. Memperlancar Haid dan Keputihan

Buah zuriat dipercaya dapat memperlancar haid dan keputihan. Kalau haid kamu kurang lancar konsumsilah air rebusan buah zuriat. Buah ini membantu melancarkan peredaran darah.

3. Mencegah Osteoporosis

Zuriat mengandung kalsium tinggi. Karena itu buah ini dapat membantu mencegah osteoporosis. Konsumsilah buah zuriat secara rutin agar tulang lebih sehat.

Selanjutnya
Halaman
1 2