Rabu, 29 Jan 2020 05:01 WIB

Penyebab Bibir Pecah-pecah Saat Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Young woman sleeping in bed. Space for copy. Bibir pecah-pecah saat bangun pagi (Foto: iStock)
Jakarta -

Bibirmu memiliki kulit yang lembut dan paling halus di seluruh tubuh. Namun terkadang bibir juga bisa menjadi kasar dan pecah-pecah, apalagi terjadi saat kamu terbangun pagi ini.

Apa alasannya? Situs Healthline menyebutkan bibir pecah-pecah bukanlah tanda dari sesuatu yang mengkhawatirkan. Biasanya disebabkan oleh cuaca yang berganti, karena bibir kita rentan terhadap angin, hujan, dan sinar matahari.

Selain itu, bibir kita juga tak memproduksi kelembabatannya sendiri sehingga membuatnya rentan kering dan pecah-pecah. Secara umum, dehidrasi menempati tempat teratas penyebab bibir pecah-pecah.

"Kita sebaiknya menargetkan setidaknya delapan gelas sehari (agar tidak dehidrasi). Dan menggunakan lip balm yang mengandung bahan hidrasi seperti minyak jojoba atau shea butter," kata Dr Debra Jaliman, dikutip dari Bustle.

Kemudian bibir pecah-pecah juga bisa menjadi tanda kekurangan vitamin B yang berperan besar untuk menyehatkan kulit. Kekurangan vitamin B ditandai dengan jerawat, kulit kering, ruam, dan tentu saja bibir pecah-pecah.

Kekurangan zat besi dan zinc biasanya menyebabkan bibir pecah-pecah di bagian sudut. Ada juga kelebihan vitamin A yang justru bisa menyebabkan bibir pecah-pecah.

"Vitamin A yang berlebih disimpan di liver, dan berakumulasi seiring waktu, menyebabkan serangkaian gejala, seperti sudut bibir yang pecah-pecah, kering, dan mengelupas," imbuh Dr Michele Green.

Namun tak perlu khawatir, kondisi ini bisa diatasi dengan mudah. Yakni meminum cukup banyak air, menggunakan lip balm yang tepat, dan jika kamu sudah melakukannya namun tetap tak ada perubahan, konsultasikan ke dokter kulit untuk memastikan penyebabnya.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)