Rabu, 29 Jan 2020 09:21 WIB

Blak-blakan Virus Corona

Kemenkes: Tidak Ada Virus Corona di Indonesia

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Achmad Yurianto, Sekretaris di Setdiitjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Sesditjen P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), Achmad Yurianto (Foto: Agus Dwi Nugroho / 20detik)
Jakarta -

Wabah virus corona baru (2019-nCoV) dari Wuhan meluas, kekhawatiran bakal masuk ke Indonesia membuat banyak pihak ketakutan. Apalagi saat bermunculkan 'suspek' pasien dirawat di sejumlah rumah sakit.

Beberapa di antaranya telah terkonfirmasi negatif, dalam arti bebas dari infeksi corona. Umumnya hanya infeksi saluran pernapasan biasa, tidak terkait dengan nCoV. Seperti apa kondisi sebenarnya?

"Spesimen dari penderita yang dalam tanda petik diisukan sebagai 'suspek' itu seluruhnya negatif. Artinya samapai saat ini kita tidak mendapatkan kasus konfirmasi positif novel coronavirus di Indonesia," tegas Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Sesditjen P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), Achmad Yurianto.

Baca juga:

Namun menurut dr Yuri, demikian sapaan akrabnya, kondisi itu tidak serta merta bisa diartikan aman. Kewaspadaan tetap ditingkatkan, antara lain dengan mengetatkan pengawasan di pintu-pintu masuk negara.

Di bandara dan pelabuhan, Kementerian Kesehatan menerapkan SOP (Standard Operational Procedure) untuk mendeteksi orang sakit. Petugas disiagakan untuk memantau gejala infeksi yang ditandai dengan kenaikan suhu tubuh.

"Inilah kemudian kita pasang thermal scan," terang dr Yuri.

Selengkapnya tentang pencegahan virus corona nCoV di Indonesia bisa disimak dalam program Blak-blakan di video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)